Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kontribusi Bancassurance Semakin Signifikan

Pemasaran produk asuransi jiwa melalui kanal bancassurance dinilai bakal menyamai kontribusi lini keagenan pada akhir tahun ini.
  /
/

Bisnis.com, JAKARTA - Pemasaran produk asuransi jiwa melalui kanal bancassurance dinilai bakal menyamai kontribusi lini keagenan pada akhir tahun ini.

Chief Corporate Affairs Officer Axa Indonesia Benny Waworuntu memperkirakan kontribusi premi dari lini bancassurance pelan-pelan mendekati porsi capaian keagenan.

Indikatornya, jelas dia, saat ini semakin banyak peruahaan asuransi yang sebelumnya fokus dengan distribusi keagenan mulai melirik kerja sama dengan perbankan.

“Semua mencoba masuk ke situ. Bancassurance pelan-pelan sudah mulai jadi mayoritas di industri,” ungkapnya kepada Bisnis pada Senin (3/10/2016).

Benny menuturkan kerja sama bancassurance pertama-tama setidaknya  memberikan keuntungan berupa perluasan jangkauan nasabah bagi asuransi jiwa. Perbankan yang memiliki captive market atau database nasabah yang jauh lebih besar tentunya menjadi tawaran yang menarik.

Selain itu, keuntungan lain yang bisa dihadirkan bancassurance adalah jangkauan layanan yang jauh lebih luas.

“Asuransi jiwa bisa lebih efisien dengan memanfaatkan sarana perbankan, kantor cabang dan layanan tersebar di berbagai wiayah.”

Dengan begitu, ke depan kedua kanal tersebut diyakini akan menjadi kontributor utama industri asuransi, bersama dengan dua kanal lain yang akan melengkapi, yakni telemarketing dan layanan digital atau financial technology.

Keyakinan yang sama diungkapkan President Direktur PT Sun Life Financial Indonesia Elin Waty. Dia menjelaskan pada kuartal pertama tahun ini secara industri pertumbuhan premi dari lini bancssurance pun masih berada di kisaran dua digit. Sedangkan, kanal keagenan justru hanya bertumbuh di kisaran 2%.

Dari sisi kontribusi, dia meyakini porsi premi bancassurance akan mampu mencapai separuh dari perolehan industri pada akhir tahun ini. “Pada awal tahun pun sudah hampir mencapai 50%,” ujarnya.

PT Sun Life Financial Indonesia pun berencana mendorong kontribusi perolehan premi dari linis bancassurance hingga menyamai pencapaian kanal distribusi keagenan yang saat ini masih berkontribusi hingga 60%. Langkah itu tengah direalisasikan perseroan setelah berhasil merampungkan proses integrasi dengan PT CIMB Sun Life.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper