Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Diperkirakan Turunkan Suku Bunga Acuan Pada April 2017

Bank Indonesia diperkirakan mempertahankan suku bunga acuannya di level 4,75% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang akan diumumkan pada Kamis (19/1/2017).

Bisnis.com, JAKARTA—Bank Indonesia diperkirakan mempertahankan suku bunga acuannya di level 4,75% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang akan diumumkan pada Kamis (19/1/2017).

Otoritas moneter diprediksi akan melakukan pelonggaran moneter di April 2017.

Chief Economist SIGC (SKHA Institute for Global Competitiveness) Eric Sugandi  mengatakan bank sentral masih memiliki peluang untuk menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin ke posisi 4,5% pada April 2017. Potensi inflasi yang rendah akibat panen raya yang terjadi di April bisa mendorong BI untuk merelaksasi kembali suku bunga acuannya.

“Inflasi di April cendeurng rendah karena musim panen. Kalau secara historis, banyak pemangkasan suku bunga dilakukan di April atau Mei,” katanya, di Jakarta, Selasa (17/1/2017).

Dengan penurunan sebesar 25 basis poin masih ada cukup ruang mengingat proyeksinya terhadap inflasi di keseluruhan tahun ini mencapai 3,5%. Inflasi tersebut didorong oleh sejumlah barang/jasa yang diatur pemerintah seperti kenaikan tarif tenaga listrik walaupun memiliki dampak yang terbatas.

Eric menuturkan apabila BI tidak menurunkan suku bunga acuannya, mempertahankan level 4,75% yang menjadi pilihan otoritas moneter kendati Fed Fund Rate diprediksi akan naik 75 basis poin pada tahun ini.

“Kalau repo rate tidak turun, kemungkinan stay flat, bukan naik walaupun fed naik. Karena sebenarnya ruang untuk suku bunga pada level sekarang,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper