Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agen Layanan Keuangan Digital Capai 140.000 Orang

Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah agen perbankan yang menjalankan Layanan Keuangan Digital telah mencapai sekitar 140.000 orang pada awal tahun ini.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 28 Februari 2017  |  21:41 WIB
Karyawan keluar dari gedung Bank Indonesia di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan
Karyawan keluar dari gedung Bank Indonesia di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah agen perbankan yang menjalankan Layanan Keuangan Digital telah mencapai sekitar 140.000 orang pada awal tahun ini.

 

Kepala Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Eni V. Panggabean mengatakan pertumbuhan agen Layanan Keuangan Digital (LKD) sangat pesat, didorong oleh kebutuhan perbankan untuk menjangkau nasabah lebih luas dan minat calon agen yang cukup tinggi.

 

Kalau sampai akhir tahun bisa lah sampai 150.000 agen,” ujarnya,” Selasa (28/2/2017).

 

Perekrutan agen-agen perbankan dinilai merupakan upaya untuk mendekatkan layanan jasa perbankan kepada masyarakat tanpa harus menghadirkan jaringan fisik bank. Pasalnya, hingga saat ini, tingkat penetrasi perbankan di Indonesia masih tergolong rendah, di antaranya tercermin dari rasio jumlah kantor bank yang hanya mencapai 16 kantor per-100.000 orang penduduk.

 

Menurut survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK),tingkat inklusi keuangan di sektor perbankan pada akhir 2016 berada di level 63,63%. Posisi itu naik dibandingkan dengan tingkat inklusi perbankan pada periode survei 2013 yang mencapai 57,28%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

agen inklusi keuangan Layanan Keuangan Digital
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top