Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KREDIT UMKM: Porsi Lampaui 20%, Bank Dinar Tak Khawatir Bersaing dengan Tekfin

Bisnis.com, JAKARTAPT Bank Dinar Indonesia Tbk. mengaku tidak merasa pasarnya tersaingi oleh kehadiran teknologi finansial alias tekfin terutama untuk penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah yang dilakukan perseroan.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 14 Februari 2018  |  14:27 WIB
KREDIT UMKM: Porsi Lampaui 20%, Bank Dinar Tak Khawatir Bersaing dengan Tekfin
Pemegang Saham PT Bank Dinar Indonesia Tbk Nio Yantony (kedua kiri), berbincang dengan Komisaris Utama Syaiful Amir (kedua kanan), Direktur Utama Hendra Lie (kiri), dan Pemegang Saham Andre Mirza Hartawan seusai rapat umum pemegang saham tahunan dan luar biasa di Jakarta, Senin (10/4). - JIBI/Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Dinar Indonesia Tbk. mengaku tidak merasa pasarnya tersaingi oleh kehadiran teknologi finansial alias tekfin terutama untuk penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah yang dilakukan perseroan.

Direktur Utama Bank Dinar Hendra Lie mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya belum merasakan persaingan dengan tekfin terkait pasar kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Karena Bank Dinar tidak main di mikronya,” ucapnya kepada Bisnis, Rabu (14/2/2018).

Porsi kredit UMKM di Bank Dinar sampai dengan pengujung tahun lalu mencapai 25,76% dari total kredit yang disalurkan. Adapun, suku bunga yang dikenakan untuk segmen ini sekitar 13% dengan risiko yang diklaim terjaga.

Hendra menjelaskan bahwa sejak awal perseroan menetapkan visi untuk mendukung pelaku usaha kecil dan menengah. “Kami adalah retail banking. Ke depan, [setelah mencapai porsi lebih dari 25%] ini kami akan terus maintain persentase porsi kredit UKM ini,” ucapnya.

Statistik Sistem Keuangan Indonesia atau SSKI yang dipublikasikan Bank Indonesia mencatat sampai dengan November 2017 porsi kredit UMKM terhadap total kredit bank 19,99%.

Persentase yang nyaris menyentuh 20% tersebut menunjukkan peningkatan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kenaikan memang tidak terjadi secara drastis tetapi SSKI menunjukkan bahwa setiap bulan porsi kredit UMKM terus membesar.

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 14/22/PBI/2012 tentang pemberian kredit bank umum dalam rangka pengembangan UMKM diketahui, bank sentral mengamanatkan perbankan untuk mencapai porsi kredit UMKM 20% dari total kreditnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit umkm bank dinar
Editor : Farodilah Muqoddam
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top