Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

OJK Pastikan Asuransi Bumiputera 1912 Aktif Pasarkan Produk Baru

Otoritas Jasa Keuangan(OJK) memastikan Asuransi Jiwa Bersama 1912 (AJBB) akan beroperasi kembali setelah menjadi perusahaan tak aktif atau run off sejak skema restrukturisasi pada Oktober 2016.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 15 Februari 2018  |  11:55 WIB
Karyawati beraktivitas di call center Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Jakarta, Senin (29/1/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Karyawati beraktivitas di call center Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Jakarta, Senin (29/1/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan(OJK) memastikan Asuransi Jiwa Bersama 1912 (AJBB) akan beroperasi kembali setelah menjadi perusahaan tak aktif atau ‘run off’ sejak  skema restrukturisasi pada Oktober 2016.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh D Santoso mengatakan saat ini tengah menyiapkan program penyehatan AJBB yang komprehensif terhadap asuransi tertua di Indonesia tersebut.

Dia memastikan bahwa AJBB akan kembali memasarkan polis baru seperti sedia kala. Langkah ini dinilai menjadi keharusan agar ‘cashflow’ satu-satunya asuransi berbentuk usaha bersama atau mutual insurance ini bisa normal kembali.

“Bersama pengelola statuter OJK bersungguh-sungguh dalam menyiapkan program penyehatan AJBB yang diharapkan berjalan cepat, efektif dan komprehensif, serta mampu melindungi pemegang polis dan industri asuransi. Caranya harus berjualan lagi,” ujarnya di sela-sela konferensi pers, Kamis (15/2/2018).

Berdasarkan evaluasi, Wimboh mengatakan program penyehatan AJBB sebelumnya tidak dapat berjalan sesuai yang diharapkan, sehingga harus dilakukan program penyehatan yang komprehensif.

“Kami sedang siapkan perangkat agar AJBB segera bisa membuka kembali operasinya dengan mulai menjual produk-produk,” katanya.

Sebelumnya, Anggota Pengelola Statuter (PS) AJBB bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Adhie M Massardi mnegaskan bahwa pihaknya masih mematangkan skema restrukturisasi jilid 2 pascapembatalan kerja sama dengan konsorsium investor dalam sekenario sebelumnya.

Skema anyar ini ditargetkan dapat mulai berjalan pada pertengahan Februari setelah mendapatkan persetujuan dari OJK.

“AJB Bumiputera 1912 tetap lanjutkan restrukturisasi dengan atau tanpa investor,” katanya.

Adhie mengatakan skema restrukturisasi versi 2.0 (Restru 2.0) ini masih didiskusikan dengan OJK. Intinya, jelas dia, AJBB akan mulai kembali aktif beroperasi setelah lebih dari setahun berstatus run off company atau perusahaan tak aktif dalam skema restrukturisasi tahun lalu.

Saat ini, operasional AJBB tengah dipersiapkan, baik dari sisi sistem, mekanisme, penguatan SDM, dan pengaktifan 7.000 agen seperti semula.

“Harapannya, pemasaran produk asuransi dapat dimulai pertengahan Februari [2018].”

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ojk ajb bumiputra
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top