Ini Tips Keuangan bagi Wanita Lajang Usia 20-an

Umur 20 tahun bagi wanita adalah waktu yang sangat tepat untuk merencanakan masa depan. Namun, masih banyak wanita yang belum dapat menentukan tujuan finansial dan menerapkan perencanaan keuangan yang efisien.
Nindya Aldila | 17 Maret 2018 18:12 WIB
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Umur 20 tahun bagi wanita adalah waktu yang sangat tepat untuk merencanakan masa depan. Namun, masih banyak wanita yang belum dapat menentukan tujuan finansial dan menerapkan perencanaan keuangan yang efisien.

Berikut adalah sejumlah petunjuk bagi wanita lajang berusia 20 tahun ke atas untuk menerapkan keuangan dengan tepat, seperti dikutip dari The Balance:

1. Mulai rencanakan pensiun

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan masa pensiun. Jika Anda berkomitmen untuk menyisihkan sekian persen untuk masa pensiun Anda, maka Anda tidak bakal ketakutan bertahan hidup di hari tua nanti.

Posisikan diri Anda sebagai penanggung jawab utama untuk kehidupan Anda sendiri di masa tua mendatang. Bahkan, ketika Anda sudah punya cukup tabungan, Anda bisa pensiun lebih awal.

Ada banyak program tabungan pensiun yang dapat Anda pilih, baik dari produk perbankan, maupun tabungan pensiun yang Anda dapat dari kantor tepat Anda bekerja.

2. Menabung untuk masa depan

Selain untuk pensiun, Anda juga perlu menyisihkan sebagian uang Anda untuk memenuhi tujuan finansial Anda yang lainnya. Misalnya, Anda ingin membeli rumah sendiri untuk 20 tahun mendatang, atau Anda ingin menabung untuk modal usaha.

Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menetapkan tujuan finansial Anda untuk membeli aset yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi Anda. Membelanjakan uang tanpa cicilan akan menjauhkan Anda dari lilitan bunga.

3. Buat perencanaan keuangan

Perencanaan keuangan harus meliputi banyak aspek, mulai dari rencana karirhingga rencana pensiun. Jika terlalu sulit, Anda bisa membuatnya secara periodik, misalnya setiap 5 tahun.

Apa yang Anda inginkan pada 5 tahun mendatang? Apa upaya finansial untuk bisa mencapainya? Lalu, tentukan tujuan finansial secara bulanan dan langkah-langkahnya. Pastikan untuk membuat tujuan secara jangka panjang seperti pensiun.

4. Fokus untuk menapaki karir

Usia 20 tahun adalah usia yang sangat tepat untuk fokus berkarir. Anda mungkin memerlukan tenaga dan waktu yang banyak untuk bisa menaiki tangga karir. Buatlah tujuan yang jelas dan tentukan aksi apa yang dapat Anda lakukan untuk mencapainya.

Bisa jadi Anda harus mencari kesempatan di prusahaab lain, pindah ke luat kota, atau mengambil pendidikan tingkat lanjut. Buatlah jejaring yang banyak agar dapat membantu Anda menggapai tujuan Anda. Cita-cita boleh berubah, tetapi pastikan Anda melangkah maju untuk mencapainya.

5. Membuat bujet

Menyusun bujet adalah alat utama untuk mengatur keuangan Anda. Jika Anda masih lajang, justru bakal lebih mudah. Atur bujet Anda untuk menetukan kemana saja pendapatan Anda akan dibelanjakan. Tentukan setiap pos-pos pengeluaran yang diperlukan.

Dengan menyusun bujet, Anda bakal lebih mudah menentukan pos mana yang perlu dipangkas dan pos mana yang harus Anda tambah pengeluarannya. Nah, bukan berarti Anda dilarang bersenang-senang, tetapi tentukan seberapa besar penghasilan Anda untuk memenhi tujuan finansial Anda dan berkomitmenlah pada bujet yang Anda buat.

6. Atur cicilan dengan bijak

Kredit dan utang Anda dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengambil langkah finansial berikutnya. Membayar utang akan memangkas uang yang sebetulnya bisa Anda tabung.

Pembayaran cicilan yang serigkali terlambat akan mempersulit pemenuhan syarat untuk mendapatkan pinjaman lagi. Bersihkan laporan kredit Anda akan memudahkan Anda mencapai tujuan Anda di masa depan.

7. Sisihkan untuk dana darurat

Dana darurat sangat penting bagi seseorang yang masih lajang. Dana darurat bisa jadi hal yang menyelamatkan Anda dari kehilangan tempat tinggal jika tiba-tiba kehilangan pekerjaan.

Bagi orang yang hanya mendapatkan pendapatan tunggal, memiliki tabungan dana darurat sebesar pengeluaran selama setahun sudah cukup baik. Tabungan ini akan membantu Anda jika tiba-tiba Anda kehilangan pekerjaan Anda atau sumber pendapatan Anda.

Tag : tips keuangan
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top