Bank Jatim Sasar Sektor Agromaritim

- Pada awal 2018 PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) meluncurkan beberapa program strategis guna meningkatkan perekonomian di Provinsi Jawa Timur.
Nirmala Aninda | 26 April 2018 16:13 WIB
Bank Jatim. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Pada awal 2018 PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) meluncurkan beberapa program strategis guna meningkatkan perekonomian di Provinsi Jawa Timur.

Melanjutkan program Loan Agreement yang telah dilaksanakan sebelumnya, Bank Jatim meluncurkan kredit program Hulu Hilir Agromaritim untuk pembiayaan di sektor pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan.

Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha mengatakan program tersebut merupakan kerja sama perseroan dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur dengan total pembiayaan pada kuartal I/2018 mencapai Rp16,43 miliar.

"Program pembiayaan ini terfokus pada petani, pekebun dan nelayan agar produksinya memiliki nilai tambah dan dapat menciptakan entrepreneur baru di Jawa Timur," ujarnya dalam konferensi pers kinerja Bank Jatim di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Pembiayaan tersebut diberikan dengan suku bunga rendah yakni sebesar 6%. Sepanjang kuartal I/2018 Bank Jatim telah menyalurkan kredit program Hulu Hilir Agromaritim di sektor pertanian sebesar Rp9,35 miliar sementara untuk kredit di sektor kelautan dan perikanan sebesar Rp7,08 miliar.

Penyaluran kredit perdana di sektor pertanian menyentuh 78 petani di Kabupaten Jombang dengan total pembiayaan Rp170 juta serta petani di Kabupaten Jember yang tergabung dalam Gapoktan Mitra Tani Sejati.

Bank Jatim juga melihat potensi industri perikanan dan kelautan di Jawa Timur sangat besar, sepanjang kuartal I/2018 kredit yang telah disalurkan sebesar Rp7,08 miliar kepada 22 debitur dari 14 kelompok pembudidaya ikan patin di Kabupaten Tulungagung.

"Ini angkanya terus bergerak, kemarin (25/4) total kredit Hulu Hilir sudah mencapai Rp37 miliar," tambah Ferdian.

Tag : kredit, bank jatim
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top