BRI Perluas Kerja Sama dengan Bank Jatim

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memperluas kerjasama strategis dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) melalui penandatanganan kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan.
Ilman A. Sudarwan | 13 Juli 2018 22:37 WIB
Nasabah melakukan transaksi perbankan melalui anjungan tunai manditi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, SURABAYA--PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memperluas kerjasama strategis dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) melalui penandatanganan kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim) tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, sinergi antara BRI dan Bank Jatim ditujukan untuk penetrasi layanan keuangan di Jawa Timur serta meningkatkan daya saing bagi kedua belah pihak.

“Harapannya, kerjasama ini akan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat di Jawa Timur. BRI akan menyediakan layanan yang menyeluruh dan terintegrasi untuk bankjatim dalam rangka meningkatkan potensi bisnis masing-masing pihak,” ujarnya di Surabaya, Jumat (13/7) dikutip dari siaran pers.

Dalam perjanjian tersebut kedua belah pihak akan bekerja sama dalam bidang keuangan dan permodalan seperti subdebt (Instrumen Obligasi Subordinasi), term loan facility (fasilitas pinjaman jangka pendek), dan trade finance & international banking services.

Selain itu, kedua belah pihak juga akan bekerja sama dalam bidang transaction banking e-channel transaction, seperti co-branding kartu, BRI Corporate Card dan BRI Cash Management System (CMS).

Adapun, dalam bidang teknologi dan kredit, terdapat kerjasama dalam pemanfaatan teknologi informasi, layanan transaksi secara Host to Host, bidang kredit konsumer, kredit ritel dan menengah, kredit korporasi (loan syndication/ participation), Social Enterpreneurship, dan UUS (BRIS). 

BRI juga memberikan kesempatan untuk melakukan pertukaran sumber daya manusia (SDM) masing-masing pihak melalui bidang capacity building berupa pemagangan pegawai, seminar, dan pendidikan/ training di BRI Corporate University.

“Tidak hanya kerjasama dalam bisnis, BRI juga telah menyiapkan kerjasama dalam bidang ke SDM-an, dalam rangka meningkatkan skill dan kapasitas masing-masing SDM di industri perbankan Indonesia,“ katanya.

Hingga pertengahan 2018, BRI telah menjalin kerjasama strategis dengan sejumlah BPD, di antaranya BPD Lampung, BPD Jateng dan BPD Papua.

Selanjutnya, BRI akan terus menjajaki kemungkinan serta membuka peluang menjadi mitra strategis bagi berbagai BPD sebagai upaya penguatan sistem perbankan serta perluasan inklusi dan literasi keuangan.

Bank Jatim dan BRI juga bekerja sama dalam bidang layanan perbankan untuk menciptakan sinergi dalam rangka penyediaan fasilitas dan pemanfaatan jasa layanan perbankan dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Soeroso mengatakan, dengan potensi ekonomi Jawa Timur yang terus mengalami pertumbuhan signifikan, Bank Jatim merasa perlu untuk bersinergi dengan banyak pihak, khususnya dengan Bank BUMN.

“Dengan jaringan BRI yang luas dan teknologi yang mandiri, sinergi bankjatim dan BRI dapat menjadi kekuatan tak terkalahkan untuk mempercepat peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur,” ujarnya.

Tag : bri, bank jatim
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top