Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Pinjaman Modalku Meroket 2 Kali Lipat dalam 6 Bulan Terakhir

PT Mitra usaha Indonesia Grup (Modalku) telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp2,18 triliun kepada lebih dari 7.000 pelaku UMKM hingga 14 Agustus 2018.
Modalku/Reni Lestari
Modalku/Reni Lestari

Bisnis.com JAKARTA -- PT Mitra usaha Indonesia Grup (Modalku) telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp2,18 triliun kepada lebih dari 7.000 pelaku UMKM hingga 14 Agustus 2018. 

CEO & Co-Founder Modalku Reynold Wijaya mengatakan penyaluran ke UMKM di Indonesia, Malaysia, dan Singapura ini meroket tajam dibandingkan capaian dalam 6 bulan terakhir. Adapun di Indonesia, capaiannya sekitar Rp1,1 triliun. 

"Kami berharap bisa tumbuh Rp1 triliun lagi sampai akhir tahun di tiga negara," katanya, Selasa (14/8).

Sementara nilai pengembaliannya sudah mencapai Rp1,46 triliun. Tingkat default atau non performing loan Modalku masih sekitar 1,1%.

Saat ini jangkauan Modalku sudah menyebar di hampir seluruh Nusantara. Namun, portofolio terbesar masih dari Jabodetabek. Ke depannya, Modalku masih fokus untuk menggarap pasar Jabodetabek, mengingat masih banyak UMKM yang belum tergarap dengan maksimal. 

"Semakin banyak produk semakin kompleks. Kenapa kami bisa tumbuh besar di Jakarta saja kami belum 100% karena penetrasinya lebih dalam dari tahun lalu. Jadi [strategi] kami bukan memperluas pasar," tuturnya. 

Lebih lanjut, Head of Micro Business Modalku Sigit Aryo Tejo mengatakan Modalku merilis produk baru berupa invoice financing pada tiga bulan yang lalu.
Dia berharap dengan adanya produk baru ini, Modalku dapat mencapai pertumbuhan pembiayaan yang lebih besar lagi. 

"Produk ini kami buat karena memang ada kebutuhannya. Banyak pelaku UMKM yang bermasalah dengan ketersediaan barang, sehingga mereka tidak bisa investasi atau mengembangkan divisi lainnya," katanya. 

Pada April 2018, Modalku telah mendapatkan pendanaan seri B senilai Rp350 miliar dari sejumlah investor seperti SoftBank Ventures Korea, Sequoia India, Alpha JWC Ventures, Golden Gate Ventures, Line Ventures, Qualgro, dan Mahanusa Capital. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper