Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyaluran Pinjaman Modalku Meroket 2 Kali Lipat dalam 6 Bulan Terakhir

PT Mitra usaha Indonesia Grup (Modalku) telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp2,18 triliun kepada lebih dari 7.000 pelaku UMKM hingga 14 Agustus 2018.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 15 Agustus 2018  |  09:51 WIB
Modalku - Reni Lestari
Modalku - Reni Lestari

Bisnis.com JAKARTA -- PT Mitra usaha Indonesia Grup (Modalku) telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp2,18 triliun kepada lebih dari 7.000 pelaku UMKM hingga 14 Agustus 2018. 

CEO & Co-Founder Modalku Reynold Wijaya mengatakan penyaluran ke UMKM di Indonesia, Malaysia, dan Singapura ini meroket tajam dibandingkan capaian dalam 6 bulan terakhir. Adapun di Indonesia, capaiannya sekitar Rp1,1 triliun. 

"Kami berharap bisa tumbuh Rp1 triliun lagi sampai akhir tahun di tiga negara," katanya, Selasa (14/8).

Sementara nilai pengembaliannya sudah mencapai Rp1,46 triliun. Tingkat default atau non performing loan Modalku masih sekitar 1,1%.

Saat ini jangkauan Modalku sudah menyebar di hampir seluruh Nusantara. Namun, portofolio terbesar masih dari Jabodetabek. Ke depannya, Modalku masih fokus untuk menggarap pasar Jabodetabek, mengingat masih banyak UMKM yang belum tergarap dengan maksimal. 

"Semakin banyak produk semakin kompleks. Kenapa kami bisa tumbuh besar di Jakarta saja kami belum 100% karena penetrasinya lebih dalam dari tahun lalu. Jadi [strategi] kami bukan memperluas pasar," tuturnya. 

Lebih lanjut, Head of Micro Business Modalku Sigit Aryo Tejo mengatakan Modalku merilis produk baru berupa invoice financing pada tiga bulan yang lalu.
Dia berharap dengan adanya produk baru ini, Modalku dapat mencapai pertumbuhan pembiayaan yang lebih besar lagi. 

"Produk ini kami buat karena memang ada kebutuhannya. Banyak pelaku UMKM yang bermasalah dengan ketersediaan barang, sehingga mereka tidak bisa investasi atau mengembangkan divisi lainnya," katanya. 

Pada April 2018, Modalku telah mendapatkan pendanaan seri B senilai Rp350 miliar dari sejumlah investor seperti SoftBank Ventures Korea, Sequoia India, Alpha JWC Ventures, Golden Gate Ventures, Line Ventures, Qualgro, dan Mahanusa Capital. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Modalku
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top