Kapan Waktu yang Tepat Membeli Rumah?

Rumah merupakan kebutuhan utama, bahkan masuk ke daftar priotitas bagi sebagian orang, namun kapan waktu yang tepat membeli rumah?
Maria Elena | 31 Desember 2018 20:44 WIB
Rumah minimalis. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Situs properti realestate.com.au memaparkan membeli hunian kembali kepada keadaan personal seseorang. Tidak ada waktu yang tidak tepat membeli rumah dan tidak ada istilah tertalu muda atau terlalu tua.

Membeli ketika butuh adalah ide yang tepat. Selain itu, menikah, berkeluarga, dan memiliki anak juga merupakan faktor yang besar untuk membeli rumah.

Hal yang harus diperhatikan adalah jangan pernah memilih atau membeli karena apa yang dikatakan orang. Jika siap membeli, maka belilah hari ini.

Keputusan membeli rumah adalah keputusan jangka panjang, bahkan naik atau turunnya harga properti tidak menjadi masalah. Ketika sudah menemukan lokasi yang tepat, lakukanlah riset sebelum membeli.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pendapatan yang stabil dan teratur, baik saat ini dan di masa mendatang. Dengan pendapatan yang stabil, akan mempermudah akses pinjaman ke perbankan.

Jadilah realistis dan jujur dengan anggaran yang dimiliki dan pilihlah hunian yang sesuai dengan bujet, sehingga tidak akan memberatkan nantinya jika membeli rumah dengan metode pembayaran cicilan.

Tag : personal finance, perumahan
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top