Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Pensiun BNI Melesat 94%

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mencatat sampai dengan Desember 2018 jumlah pensiunan yang menyalurkan manfaat pensiun di BNI tumbuh sebesar 60% dari tahun sebelumnya diikuti pertumbuhan kredit pensiun kepada peserta Taspen mencapai 94% dari tahun sebelumnya.
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang PT Bank Negara Indonesia Tbk, di Jakarta, Kamis (3/1/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Karyawan melayani nasabah di kantor cabang PT Bank Negara Indonesia Tbk, di Jakarta, Kamis (3/1/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mencatat sampai dengan Desember 2018 jumlah pensiunan yang menyalurkan manfaat pensiun di BNI tumbuh sebesar 60% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan diikuti oleh pertumbuhan kredit pensiun kepada peserta Taspen mencapai 94% pada periode yang sama.

Direktur Konsumer BNI Tambok P. Setyawati menyampaikan bahwa pensiunan yang menyalurkan manfaat pensiun melalui BNI mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahun.

"Hal ini membuktikan bahwa BNI telah berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi calon pensiun maupun pensiunan terutama peserta Taspen," katanya melalui siaran pers, Rabu (16/1/2019).

Sebagai gambaran hingga November lalu, produk BNI Fleksi telah mencatatkan pertumbuhan sekitar 46% atau sekitar Rp6 triliun. Secara keseluruhan BNI Fleksi tersebut telah mencakup kredit pensiun di dalamnya. Adapun khusus kredit pensiun perseroan mencatat pertumbuh sebesar 146% atau sekitar Rp1,7 triliun.

Ke depan perseroan juga masih akan melihat pola khusus kredit pensiun jika memungkinkan untuk lepas dari produk BNI Fleksi. Pasalnya, kredit pensiun salah satu menjadi andalan BNI Fleksi walau secara porsi masih kecil. BNI sendiri sudah menggadeng Taspen, Asabri, Telkom, Pertamina, Garuda, dan lainnya.

Sementara itu, secara kualitas BNI Fleksi yang masuk dalam segmen kredit konsumer memiliki catatan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) di bawah 2%. Ke depan perseroan masih akan menjaga pada kisaran tersebut.

Hari ini, PT Taspen menyelenggarakan acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan yang diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC) pada Rabu, 16 Januari 2019 di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dalam acara tersebut Taspen mengundang 4.000 ASN aktif dan 1.000 pensiunan peserta Taspen dan mitra kerja samanya.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati menuturkan, Taspen merupakan mitra utama bagi BNI baik dari sisi institusi maupun bagi pensiunan Taspen dari pengelolaan dana institusi, dana tabungan pensiunan maupun dari pembiayaan kredit pensiunan melalui BNI Fleksi Pra Pensiun dan Pensiun. 

"Para pensiunan maupun calon pensiunan berkesempatan untuk mendapatkan fasilitas BNI Fleksi Pensiun yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kewirausahaan. Suku bunga yang ditawarkan ringan, provisi dan biaya administrasi yang rendah. Jangka waktu pinjaman BNI Fleksi Pensiun sampai dengan 15 tahun, serta dapat diajukan 5 tahun sebelum pensiun," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper