Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akuisisi Multifinance Bakal Marak Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini industri pembiayaan akan diwarnai dengan aksi akuisisi sejumlah perusahaan asing terhadap pemain lokal.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 28 Januari 2019  |  08:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini industri pembiayaan akan diwarnai dengan aksi akuisisi sejumlah perusahaan asing terhadap pemain lokal.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi wiratno mengatakan aksi akuisisi tersebut dapat menjadi salah satu strategi bagi industri yang kesulitan memenuhi batas ekuitas senilai Rp100 miliar.

Salah satunya adalah PT Artha Prima Finance dikabarkan bakal digaet oleh konglomerasi asal China, Ping An.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Artha Prima Finance Simon Pratama belum dapat mengkonfirmasi hal tersebut. Dia mengatakan perusahaan memang tengah menjajaki investasi dengan beberapa perusahaan.

“Baru akan menjajaki, saya belum tahu siapa calon investornya. Belum dalam waktu dekat ini,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Minggu (27/1/2019).

Sebagai informasi, Sejahtera Group tercatat menjadi pemegang saham tunggal Artha Prima Finance. Portofolio Artha Prima Finance saat ini didominasi sebesar 75% kendaraan penumpang dan sisanya kendaraan penumpang.

Tahun ini Artha Prima Finance menargetkan pembiayaan senilai Rp700 miliar, tumbuh 10% secara tahunan. Kebutuhan pendanaan masih dipenuhi 100% oleh perbankan lokal. Selain pinjaman, perusahaan juga bakal merilis medium term notes (MTN) pada tahun ini.

“Ekuitas kami Rp300 miliar lebih, jadi mungkin hanya butuh Rp100 miliar -- Rp200 miliar,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance
Editor : Anggi Oktarinda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top