Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Syariah Pacu Bisnis Payroll

Meningkatnya kepercayaan publik untuk mendapatkan layanan pembayaran gaji lewat perbankan syariah menjadi salah satu pendorong kinerja sejumlah bank syariah.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 28 Januari 2019  |  15:09 WIB
Bisnis.com, JAKARTA  — Meningkatnya kepercayaan publik untuk mendapatkan layanan pembayaran gaji lewat perbankan syariah menjadi salah satu pendorong kinerja sejumlah bank syariah. 
 
Direktur Bisnis PT Bank BNI Syariah Dhias Widhiyati mengungkapkan bahwa segmen bisnis layanan pengelolaan gaji atau payroll menunjukkan tren peningkatan dari waktu ke waktu. Nilai pengelolaan gaji pegawai institusi kelembagaan baik Kementrian, BUMN dan Perguruan Tinggi oleh BNI Syariah saat ini berkisar Rp100 miliar per bulan. 
 
"Alhamdulillah tren pembayaran gaji karyawan melalui BNI Syariah semakin meningkat seiring kenaikan DPK [dana pihak ketiga] BNI Syariah termasuk di dalamnya tabungan payroll per November 2018 sebesar 19,18%. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya institusi kelembagaan seperti Kementrian, BUMN, Perguruan Tinggi yang telah mempercayakan BNI Syariah sebagai bank mitra pembayaran gaji," ujarnya kepada Bisnis, belum lama ini. 
 
Menurut Dhias, sedikitnya ada tiga faktor pendorong tumbuhnga bisnis payroll perseroan. Pertama, adanya dukungan teknologi perusahaan induk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang mempermudah masyarakat dalam bertransaksi dan jumlah outlet BNI yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah BNI Syariah.
 
Kedua, adanya komitmen pemerintah dalam mengembangkan industri perbankan syariah diwujudkan dalam Peraturan Menteri Keuangan PMK No.11 /PMK.05-2016 tentang Penyaluran Gaji melalui rekening pegawai negeri sipil/prajurit Tentara Nasional Indonesia/anggota kepolisian negara RI pada Bank Umum secara terpusat.
 
"Ketiga, kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk perbankan syariah semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya literasi keuangan syariah dan gaya hidup halal," katanya. 
 
Setali tiga uang, PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menilai bahwa segmen bisnis payroll merupakan salah satu fokus perseroan pada 2019. Pasalnya selain dapat mendongkrak pertumbuhan pendanaan, layanan pembayaran gaji karyawan juga merupakan pintu masuk untuk penyaluran pembiayaan.
 
"Alhamdullilah, Mandiri Syariah adalah bank syariah di urutan pertama BO2 yang dapat melayani pembayaran payroll pegawai negeri dan institusi. Sementara di total Bank Umum, Mandiri Syariah menempati urutan ke-4 teratas," ujar Corporate Secretary Mandiri Syariah Ahmad Reza.
 
Secara keseluruhan, imbuh Ahmad Reza, pada tahun ini lerseroan memiliki strategi pertumbuhan yang berfokus pada segmen ritel khususnya tabungan dan transaksi. 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah payroll
Editor : Farodilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top