Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Syariah Pacu Bisnis Payroll

Meningkatnya kepercayaan publik untuk mendapatkan layanan pembayaran gaji lewat perbankan syariah menjadi salah satu pendorong kinerja sejumlah bank syariah.
Bisnis.com, JAKARTA  — Meningkatnya kepercayaan publik untuk mendapatkan layanan pembayaran gaji lewat perbankan syariah menjadi salah satu pendorong kinerja sejumlah bank syariah. 
 
Direktur Bisnis PT Bank BNI Syariah Dhias Widhiyati mengungkapkan bahwa segmen bisnis layanan pengelolaan gaji atau payroll menunjukkan tren peningkatan dari waktu ke waktu. Nilai pengelolaan gaji pegawai institusi kelembagaan baik Kementrian, BUMN dan Perguruan Tinggi oleh BNI Syariah saat ini berkisar Rp100 miliar per bulan. 
 
"Alhamdulillah tren pembayaran gaji karyawan melalui BNI Syariah semakin meningkat seiring kenaikan DPK [dana pihak ketiga] BNI Syariah termasuk di dalamnya tabungan payroll per November 2018 sebesar 19,18%. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya institusi kelembagaan seperti Kementrian, BUMN, Perguruan Tinggi yang telah mempercayakan BNI Syariah sebagai bank mitra pembayaran gaji," ujarnya kepada Bisnis, belum lama ini. 
 
Menurut Dhias, sedikitnya ada tiga faktor pendorong tumbuhnga bisnis payroll perseroan. Pertama, adanya dukungan teknologi perusahaan induk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. yang mempermudah masyarakat dalam bertransaksi dan jumlah outlet BNI yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah BNI Syariah.
 
Kedua, adanya komitmen pemerintah dalam mengembangkan industri perbankan syariah diwujudkan dalam Peraturan Menteri Keuangan PMK No.11 /PMK.05-2016 tentang Penyaluran Gaji melalui rekening pegawai negeri sipil/prajurit Tentara Nasional Indonesia/anggota kepolisian negara RI pada Bank Umum secara terpusat.
 
"Ketiga, kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk perbankan syariah semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya literasi keuangan syariah dan gaya hidup halal," katanya. 
 
Setali tiga uang, PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menilai bahwa segmen bisnis payroll merupakan salah satu fokus perseroan pada 2019. Pasalnya selain dapat mendongkrak pertumbuhan pendanaan, layanan pembayaran gaji karyawan juga merupakan pintu masuk untuk penyaluran pembiayaan.
 
"Alhamdullilah, Mandiri Syariah adalah bank syariah di urutan pertama BO2 yang dapat melayani pembayaran payroll pegawai negeri dan institusi. Sementara di total Bank Umum, Mandiri Syariah menempati urutan ke-4 teratas," ujar Corporate Secretary Mandiri Syariah Ahmad Reza.
 
Secara keseluruhan, imbuh Ahmad Reza, pada tahun ini lerseroan memiliki strategi pertumbuhan yang berfokus pada segmen ritel khususnya tabungan dan transaksi. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper