Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wuling Ajukan Izin Usaha Multifinance ke OJK

Sejumlah investor asing asal Asia timur tengah membidik investasi di sektor keuangan, khususnya bisnis pembiayaan di Indonesia.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 Januari 2019  |  20:25 WIB
Produsen mobil PT SGMW Motor Indonesia (Wuling).  - Bisnis.com/Thomas Mola
Produsen mobil PT SGMW Motor Indonesia (Wuling). - Bisnis.com/Thomas Mola

Bisnis.com JAKARTA — Sejumlah investor asing asal Asia timur tengah membidik investasi di sektor keuangan, khususnya bisnis pembiayaan di Indonesia.

Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2B OJK Bambang W Budiawan mengatakan produsen mobil PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) di Indonesia tengah mengurus izin usaha perusahaan pembiayaan. Perusahaan ini didukung oleh sejumlah investor asing ternama.

“Itu perizinannya sudah [proses]. Tidak hanya lembaga atau bisnis plan, orangnya harus fit and proper, test” ujarnya, Rabu (30/1/2019).

Bambang memperkirakan proses perizinan akan rampung pada kuartal I/2019. Dia mengatakan, ada sedikit kendala teknis untuk menyesuaikan jadwal pihak asing dalam melakukan uji kelayakan.

Berdasarkan keterbukaan informasi BEI, PT Sinarmas Multiartha Tbk., telah melakukan tambahan setoran modal pada PT SGMW Multifinance Indonesia senilai Rp38 miliar pada Oktober 2018.

Berdasarkan struktur kepemilikan saham PT SGMW Multifinance Indonesia, SAIC Motor HK Investment Limited menjadi shareholder terbesar, yakni 38% atau senilai Rp76 miliar.

PT SGMW Motor Indonesia memegang 24% saham atau senilai Rp24 miliar. Sementara General Motors Financial Company, Inc dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk., masing-masing memegang 19% saham senilai Rp38 miliar. Dengan demikian, pengendali PT SGMW Multifinance Indonesia adalah PT SAIC Motor HK Investment Limited.

Sebagai informasi, Wuling merupakan perusahaan yang berada di bawah PT SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW). Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara SAIC Motor, General Motors, dan Liuzhou Wuling Motors Co Ltd. Yang berbasis di Liuzhou, Guangxi Zhuang Autonomous Region, di bagian barat daya China.

Selain Wuling, Bambang menyebutkan akan ada dua investor asing yang berasal dari Korea Selatan dan Singapura yang sedang proses due diligence.

“Yang sudah selesai Jepang. Nama jangan deh,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance SAIC-GM Wuling
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top