CIMB Niaga Targetkan Kredit Otomotif Tumbuh 20%

PT Bank CIMB Niaga Tbk. menargetkan kredit kendaraan bermotor akan mulai menggeliat pada tahun ini.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 18 Februari 2019  |  16:45 WIB
CIMB Niaga Targetkan Kredit Otomotif Tumbuh 20%
Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan (kiri) berpose bersama Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan (kanan) di sela pembukaan pameran perbankan ritel CIMB Niaga XTRA XPO di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (16/2 - 2019). - Bank CIMB Niaga

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank CIMB Niaga Tbk. menargetkan kredit kendaraan bermotor akan mulai menggeliat pada tahun ini.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan mulai tahun ini penyaluran kredit konsumer ke sektor otomotif diharapkan mulai naik. Hal itu sejalan dengan tuntasnya rekalibrasi terhadap komposisi kredit yang dilakukan perseroan. Seperti diketahui sejak beberapa tahun terakhir, kredit otomotif Bank CIMB Niaga secara sengaja ditekan sehingga mengalami penurunan.

“Untuk sales di Januari masih belum naik tetapi juga tidak turun dibandingkan dengan tahun lalu. Kami harapkan kredit auto tumbuh sekitar 20% pada kuartal I/2019,” katanya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Berdasarkan paparan analis yang dipublikasikan perseroan, per akhir kuartal I/2018 total kredit otomotif Bank CIMB Niaga mencapai Rp7,94 triliun. Realisasi itu turun 39,6% secara tahunan dari sebelumnya Rp13,14 triliun pada kuartal I/2017 dan turun 8,9% secara year to date.

Mengacu pada data tersebut, angka penyaluran kredit otomotif CIMB Niaga pada akhir Maret mendatang diperkirakan terkerek sebesar Rp1,58 triliun menjadi Rp9,53 triliun.

Salah satu upaya yang dilakukan perseroan untuk mewujudkan target tersebut yakni lewat strategi suku bunga promo dan melakukan pameran secara berkala.

Akhir pekan lalu, CIMB Niaga menggelar pameran perbankan ritel Xtra Xpo di Tangerang Selatan. Pameran yang dikemas dalam konsep Fun Family Weekend Gateway itu menampilkan beragam promo dari produk perbankan ritel, termasuk kredit otomotif.

Menurut Lani, kegiatan serupa memberikan dampak yang positif terhadap kredit ritel secara khusus dan kredit secara umum. Itu sebabnya pihaknya kembali menggelar acara pameran yang pernah dilakukan pada 2016 dan 2017 lalu.

Dia menjelaskan agenda pameran CIMB Niaga Xtra Xpo tersebut digelar dengan penawaran yang lebih menarik, di mana nasabah dapat menukarkan poin Xtra untuk membeli berbagai tipe mobil mobil, gadget, tiket hingga hunian baru.

Khusus otomotif, promo yang ditawarkan yakni bunga 0% hingga 6 tahun, bebas biaya administrasi, asuransi, dan provisi. Selain itu ada juga layanan instant approval hanya 1 jam yang disediakan bekerja sama dengan PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cimb niaga

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top