Sejumlah Multifinance Raih Rating Tinggi untuk MTN

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah penerbitan medium term notes (MTN) perusahaan pembiayaan meraih rating tinggi dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pada 2018 - 2019.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  09:20 WIB
Sejumlah Multifinance Raih Rating Tinggi untuk MTN
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah penerbitan medium term notes (MTN) perusahaan pembiayaan meraih rating tinggi dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pada 2018 - 2019.

Berdasarkan data Pefindo, PT Mitsubishi UFJ Lease & Finance Indonesia (MULI) mencatatkan rating  “idAAA(cg)” untuk MTN I/2015 seri B dan MTN II/2016.

Pefindo menilai induk perusahaan memiliki kekuatan keuangan yang jauh lebih kuat dan ada kemungkinan yang sangat besar untuk memberikan dukungan kepada MULI, termasuk memenuhi kewajiban jaminan atas MTN yang diterbitkan oleh MULI.

Sementara itu, Pefindo menaikkan rating MTN I/2016 PT Century Tokyo Leasing Indonesia tetap di “idAAA(cg)” menjadi “idAA” dari “idAA-”. Kenaikan peringkat merefleksikan pandangan bahwa bisnis yang terintegrasi dan ekspektasi atas keberlanjutan dari dukungan kuat perusahaan induk yang akan menopang bisnis. Prospek dari peringkat perusahaan adalah “Stabil”.

Sementara itu, outlook peringkat PT Radana Bhaskara Finance,Tbk kembali ke “Stabil” dari “Credit Watch dengan Implikasi Negatif” sehubungan dengan pembayaran MTN yang jatuh tempo pada November 2018.

Deposito yang sebelumnya dijaminkan untuk MTN yang dilunasi telah dirilis dan Radana Finance berencana untuk menahan dana tersebut sebagai salah satu sumber pembayaran untuk kewajiban keuangan Perusahaan termasuk MTN yang akan jatuh tempo pada tahun 2019, selain dari penerimaan piutang rata-rata sekitar Rp200 miliar per bulan dan pinjaman subordinasi dari pemegang saham.

Pada saat yang sama, Pefindo menegaskan peringkat “idBBB-” untuk Radana Finance dan MTN I/2017 Seri A, B, C, dan MTN II/2018 yang masih beredar.

Adapun MTN yang dirilis pada tahun ini, Pefindo memberikan peringkat “idAAA” kepada PT Pegadaian (Persero) (Pegadaian) dan obligasi perusahaan yang belum jatuh tempo. Pefindo juga menetapkan peringkat “idAAA(sy)” untuk Medium Term Notes (MTN) Syariah Mudharabah I Tahun 2018.

Selain itu, Pefindo menegaskan peringkat “idA” untuk PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNMP) dan Obligasi Berkelanjutan (PUB) II/2017, PUB I/2014, Medium Term Notes (MTN) XVII/2018 dan MTN 2018 yang masih beredar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
multifinance

Editor : Anggi Oktarinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top