Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PINANG Berikan Pinjaman Bank Berbasis Aplikasi Pertama di Indonesia

Dalam menghadapi era digital, Bank BRI terus melakukan inovasi agar layanan yang disiapkan semakin terdepan dan sesuai dengan kebutuhan dari nasabah saat ini, terutama terhadap segmen mikro yang menjadi fokus utama dari BRI Group.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-Dalam menghadapi era digital, Bank BRI terus melakukan inovasi agar layanan yang disiapkan semakin terdepan dan sesuai dengan kebutuhan dari nasabah saat ini, terutama terhadap segmen mikro yang menjadi fokus utama dari BRI Group.

Bank BRI, melalui anak perusahaan BRI Agro meluncurkan produk digital terbaru yang disebut PINANG - Pinjam Tenang di Solo, pada Sabtu  (23/2/2019).

PINANG adalah produk digital lending dari BRI Agro dan sekaligus menjadi produk pinjaman bank berbasis aplikasi pertama di Indonesia.

“Aplikasi PINANG sudah Fully Digital, dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature,” tegas Agus Noorsanto selaku Direktur Utama BRI Agro.

Produk ini secara khusus akan menyasar segmen ultra mikro dan membuka peluang serta memperluas jangkauan dari Bank BRI saat ini.

Dengan mengkombinasikan teknologi digital, produk PINANG memiliki proses pengajuan sampai pencairan kurang dari 10 menit, dengan tenor yang fleksibel antara 1 bulan sampai 12 bulan. Pengajuan dapat dilakukan tanpa harus ke bank dan tanpa tatap muka secara langsung.

Plafon maksimum Rp20 juta dan memiliki bunga yang terendah dibandingkan dengan Fintech yang ada di pasar lainnya. Penetrasi produk ini diharapkan akan sangat cepat didukung dengan biaya operasional yang relatif lebih murah karena adanya teknologi digital.

“Produk Pinang ini kami siapkan untuk membantu pekerja dasar atau blue collar di pabrik-pabrik, kawasan industri dan perusahaan yang telah memiliki payroll di Bank BRI atau di BRI Agro. Kita sangat senang bisa bekerjasama dan launching bersama Sritex pada hari ini” kata Agus Noorsanto. 

Pada tahap awal, kerja sama dengan Sritex menargetkan 17.000 pekerja bisa melakukan pinjaman melalui Pinang. “Kami percaya dengan PINANG, employee engagement di perusahaan-perusahaan nasabah BRI akan semakin meningkat dan ini akan mengangkat value mereka bagi para pekerja. Ditambah, bagi pekerja, mereka dapat terbantu, khususnya terhadap kebutuhan yang bersifat mendesak dan emergency” kata Agus.

Untuk mendapatkan Pinang, proses kerja sama dapat dilakukan dengan sangat cepat dan mudah.

Selaras dengan launching PINANG, ini akan semakin memantapkan komitmen Bank BRI untuk bermain di ranah digital.

“Produk ini dibuat dengan basis manajemen risiko yang ketat. Kami tidak mau mengeluarkan produk dengan sembarangan seperti ratusan Fintech Illegal yang sudah ditutup oleh OJK. PINANG akan menjadi produk digital lending yang handal dan kompeten bagi bank BRI untuk dapat bersaing dan unggul dibanding produk digital lending serupa yang dikeluarkan oleh fintech terutama dari sisi kecepatan, keamanan data konsumen, keunggulan suku bunga yg lebih rendah dan bebas dari biaya tambahan”, tambah Sunarso selaku Wakil Direktur Utama Bank BRI.

Hal ini bisa dilakukan mengingat produk PINANG dikelola oleh bank yang merupakan industri keuangan yang sarat dengan ketentuan yang sangat ketat. Saat ini PINANG sudah dapat diunduh dan tersedia di Playstore.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper