BRI Syariah Optimalkan Potensi Bisnis Remitansi ke Saudi

PT Bank BRI Syariah Tbk. berupaya mengoptimalkan bisnis remitansi ke Arab Saudi. Hal ini dilakukan melalui kerja sama dengan Al Rajhi Bank Malaysia yang merupakan anak usaha dari Al-Rajhi Bank of Saudi Arabia yang menjalankan bisnis Al-Rajhi di wilayah Asia Tenggara.
Muhammad Khadafi | 29 April 2019 15:17 WIB
Layanan nasabah di kantor cabang pembantu Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah di Jakarta, Rabu (3/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank BRI Syariah Tbk. berupaya mengoptimalkan bisnis remitansi ke Arab Saudi. Hal ini dilakukan melalui kerja sama dengan Al Rajhi Bank Malaysia yang merupakan anak usaha dari Al-Rajhi Bank of Saudi Arabia yang menjalankan bisnis Al-Rajhi di wilayah Asia Tenggara.

Perjanjian kerja sama berkaitan dengan pengadaan platform solusi pembayaran ke Kerajaan Arab Saudi melalui sistem Islamic Payment Gateway yang terhubung langsung ke Al-Rajhi.

Dengan demikian kerjasama ini akan memudahkan transaksi pengiriman uang dari Indonesia ke Saudi Arabia karena dapat diterima pada hari yang sama.

Direktur Utama BRI Syariah Moch. Hadi Santoso mengatakan sebagai salah satu anak perusahaan bank terbesar di Indonesia, perseroan hendak membuktikan kehadiran dalam memberikan layanan keuangan syariah.

"Setelah ini, transaksi pengiriman uang dan valuta asing dari nasabah BRI Syariah di Indonesia kepada nasabah Al-Rajhi di Arab Saudi terlaksana lebih cepat dengan biaya lebih murah, serta kurs yang kompetitif," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (29/4/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Officer of Al-Rajhi Bank Malaysia Steve Chen juga mengungkapkan bahwa dengan adanya penandatanganan perjanjian kerjasama ini, maka Al Rajhi Bank akan memberikan solusi pengiriman uang oleh nasabah BRIsyariah kepada penerima manfaat di Kerajaan Arab Saudi.

"Kolaborasi ini selanjutnya disebut sebagai Musafir Indonesia Project,” ujar Chen.

Melalui Musafir Indonesia Project, selain transaksi remitansi untuk pembayaran kepada rekanan bisnis pelaku haji dan umrah, nasabah juga bisa melakukan remitansi ke Arab Saudi untuk keperluan lain, di antaranya biaya pendidikan hingga kebutuhan komersial nasabah.

Adapun kerja sama tersebut juga merupakan dukungan nyata kepada ekosistem halal, khususnya industri haji dan umrah di Indonesia.

Jumlah jamaah haji dan umrah di Tanah Air terus tumbuh, sehingga kebutuhan layanan perbankan terkait itu semakin banyak. 

Penandatanganan kerjasama dilakukan di Kantor Pusat BRI Syariah, Jakarta, Senin (29/04/2019) oleh Direktur Utama BRI Syariah Moch. Hadi Santoso dan Chief Executive Officer of Al+Rajhi Bank Malaysia Steve Chen. Seremonial kerja sama ini juga disaksikan langsung oleh Manajemen BRI Syariah dan Al-Rajhi Bank Malaysia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji, bri syariah

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top