Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Atur Keuangan Keluarga ala Do-It

Berdasarkan data Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2017 indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih di angka 29,7 persen.
kepada karyawan CV Dimas Lancar Jaya./Istimewa
kepada karyawan CV Dimas Lancar Jaya./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Penyedia layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi atau peer-to-peer lending, PT Glotech Prima Vista, mengadakan penyuluhan literasi keuangan kepada karyawan di Bekasi.

Perusahaan yang dikenal dengan produknya Do-It itu menilai bahwa selama ini tingkat literasi keuangan masyarakat masih rendah. Berdasarkan data Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2017 indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih di angka 29,7 persen.

Dalam rilisnya, Do-It menyatakan bahwa masyarakat Indonesia belum sepenuhnya memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana mengoptimalkan uang untuk kegiatan yang produktif.

Founder Do-It, Jennifer Claudia menjelaskan bahwa perencanaan keuangan merupakan seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu atau keluarga untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera.

“Do-It akan terus berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar memiliki perencanaan keuangan yang baik, karena semakin jelas tujuan keuangan yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin baik perencanaan dan pengelolaan keuangannya, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Jennifer Claudia, dalam rilisnya, Minggu (19/5/2019).

Oleh karena itu, Do-It kemudian mengadakan penyuluhan literasi keuangan kepada karyawan CV Dimas Lancar Jaya yang berlokasi di Jati Asih, Bekasi. CV Dimas Lancar Jaya merupakan salah satu pabrik konveksi yang mayoritas karyawannya adalah perempuan.

Menurutnya, perempuan sejatinya memiliki peranan penting dalam mengatur keuangan keluarga. Dalam acara penyuluhan kali ini, Do-It mendapati bahwa banyak dari mereka yang masih belum bisa menyeimbangkan antara pendapatan dan juga pengeluaran dalam keuangan keluarga mereka.

“Menurut saya acara kali ini sangat bermanfaat, karena kami sekarang tahu bagaimana caranya membuat catatan keuangan yang baik, sehingga bisa berinvestasi dan menabung untuk biaya pendidikan anak saya,” kata Ernawati, salah satu peserta.

Do-It adalah perusahaan teknologi keuangan yang bergerak di bidang P2P lending, menghubungkan peminjam dengan pemberi pinjaman. Do-It memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) dan analiss big data dalam proses verifikasi data pengguna. Saat ini, Do-It resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper