Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres JK Minta BI Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo untuk kembali menurunkan suku bunga acuan.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 09 Agustus 2019  |  11:17 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan keterangan di Jakarta. - Bisnis/Anggara Pernando
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan keterangan di Jakarta. - Bisnis/Anggara Pernando

Bisnis.com, JAKARTA–Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo untuk kembali menurunkan suku bunga acuan.

Hal ini disampaikan oleh JK dalam seminar yang bertajuk 'Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Maju' yang bertepatan dengan ulang tahun ke-53 dari Kementerian Koordinator Perekonomian.

"Teori dasar ekonomi itu kalau interest tinggi maka lari ke saving, kalau rendah lari ke investasi," ujar JK, Jumat (9/8/2019).

Selain itu, JK mengatakan bahwa pemerintah ingin agar Indonesia memiliki bunga kredit yang sejajar dengan Thailand yakni yang hanya 7%.

Adapun, menurut JK. di Indonesia bunga kredit yang dikenakan adalah sebesar 10% hingga 11%.

"Itu saya tidak kuliahi Bapak [Perry] tapi ya turunkan itu, ya seperti itu," ujar JK yang disambut oleh tawa peserta seminar.

Seperti diketahui, BI telah menurunkan suku bunga dari 6% menjadi 5,75% pada Juli 2019.

Perry pun berulangkali menyampaikan bahwa BI masih memiliki ruang untuk menerapkan kebijakan moneter yang akomodatif, salah satunya dengan kembali menurunkan suku bunga acuan.

"Ke depan kita masih ada ruang untuk kebijakan moneter lain seperti penurunan suku bunga," ujar Perry dalam agenda yang sama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suku bunga acuan
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top