Mau Pakai Fintech Pinjaman Uang Tapi Takut? Tenang, Baca Ini Dulu

Kalau digunakan dengan bijak, fintech pinjaman uang seperti Kredivo bisa membawa banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 31 Agustus 2019  |  08:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Kalau digunakan dengan bijak, fintech pinjaman uang seperti Kredivo bisa membawa banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, dalam kondisi darurat tapi nggak punya tabungan.

Ajukan pinjaman uang ke fintech tentu bisa lebih cepat dibanding ke bank atau lembaga pinjaman lainnya.

Fintech juga bisa jadi solusi bagi kamu yang sungkan pinjam uang ke teman atau keluarga. 

Tapi, belakangan, berita soal fintech pinjaman malah mengkhawatirkan dan terkesan hanya membawa dampak buruk bagi nasabah atau debiturnya. Benarkah demikian? Yuk simak ini dulu. 

Pilih yang terdaftar di OJK supaya keamanannya terjamin

Saat ini, ada ratusan fintech yang menawarkan jasanya di internet baik berupa situs ataupun aplikasi yang bisa didownload di Google Play Store atau App Store.

Tapi, apakah semuanya layak dan aman digunakan? Tentu nggak. 

Setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan seperti fintech wajib mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain akan memberikan serangkaian uji kelayakan pada fintech sebelum dirilis ke publik dan bisa digunakan masyarakat, OJK juga akan menjadi pengawas sekaligus payung hukum bagi nasabah apabila dirugikan oleh fintech terkait. 

Per Mei 2019, total fintech pinjam uang yang terdaftar di OJK ada 113 fintech. Jenisnya juga macam-macam, ada fintech yang meminjamkan modal usaha untuk UMKM, fintech investasi, fintech sistem pembayaran, hingga fintech pinjaman uang seperti Kredivo.

Di luar daripada daftar tersebut, bisa dipastikan adalah fintech ilegal dan berisiko terjadi penipuan atau kebocoran data.

Jadi, jika mau apply pinjam uang ke fintech, wajib hukumnya untuk kamu memilih dan menggunakan fintech yang sudah terdaftar di OJK. 

Suku bunga & tenor fintech pinjaman uang bervariasi, pilih yang sesuai kemampuan finansial

Rata-rata fintech pinjaman online atau P2P lending memberikan suku bunga yang bervariasi.

Tapi, biasanya, suku bunga yang diberikan cukup tinggi dan tenornya singkat. Ini bukan bentuk ‘penipuan’, lho, melainkan merupakan hal yang wajar dalam jenis pinjaman online atau P2P lending.

Sebab, hal tersebut sudah diperhitungkan dalam manajemen risiko yang dimiliki P2P lending terkait yang perputaran uangnya jauh lebih cepat.

Suku bunga yang tinggi dan tenor singkat bisa dibilang adalah penjamin dari risiko kredit yang juga tinggi.

Selain itu, pencairan uang pinjaman juga lebih cepat, bisa dalam waktu sehari. Berbeda dengan apabila kamu pinjam uang ke bank atau lembaga pinjaman lain dalam bentuk KTA. 

Ini tentunya risiko yang harus dipahami oleh kamu sebagai calon debitur? Apakah siap menerima suku bunga yang tinggi dengan tenor yang singkat? Jika tidak, maka kamu bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk riset fintech yang kira-kira bunganya bisa lebih bersahabat dengan tenor yang cukup. 

Kredivo misalnya yang memiliki tingkat suku bunga tetap 2,95% per bulan baik untuk belanja cicilan di e-commerce dan merchant rekanan maupun untuk pinjaman tunai.

Kedua fasilitas kredit ini bisa kamu nikmati apabila kamu terdaftar sebagai pengguna atau akun Premium Kredivo.

Untuk mendaftar, kamu bisa langsung download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store. Syaratnya: 

  1. Kamu wajib berusia minimal 18 tahun ke atas. 
  2. Berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Tahapan untuk daftar akun Premium Kredivo juga mudah, mulai dari mengupload foto KTP, foto selfie kamu, mengisi form data diri, kemudian sambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan, dan juga akun e-commerce yang ada histori transaksinya sebagai bukti domisili kamu saat ini.

Tunggu dalam waktu 1 x 24 jam untuk proses approval

Apabila sudah dapat limit kredit dari Kredivo, kamu bisa langsung menggunakannya sesuai kebutuhan.

Kalau mau pinjam uang, gunakan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang tersedia di aplikasi Kredivo.

Fitur ini akan membantu kamu mencairkan limit di akun Kredivo menjadi pinjaman tunai.

Minimal pinjaman yang bisa diajukan adalah Rp 500.000 untuk pinjaman mini dengan masa tenor maksimal 30 hari, sedangkan pinjaman jumbo mulai dari Rp 1 juta dengan masa tenor 3 bulan dan maksimal hingga 6 bulan.

Pinjaman akan langsung cair dalam waktu 1 hari kerja ke rekening yang kamu daftarkan apabila pengajuan sudah disetujui.

Cek dulu beban utang yang dimiliki sebelum ajukan pinjaman uang

Berhubung pinjam uang ke fintech suku bunganya lumayan, maka pastikan dulu sebelum pinjam bahwa total utang yang kamu punya saat ini belum sampai memakan 30% total penghasilan.

Dan pastikan pinjaman diajukan karena ada kebutuhan mendesak saja, bukan untuk hal yang konsumtif seperti belanja, hangout, atau yang lainnya. 

Kalau pinjamnya dilakukan dengan bijaksana & pertimbangan yang matang, nggak perlu khawatir lagi pinjam uang ke fintech!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kredivo

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top