Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sektor Komoditas Loyo, Ini Strategi Bank Mitigasi Risiko

Meski kondisi ekonomi sektor pertambangan didera isu negatif, MUFG Bank Ltd. cabang Jakarta memperkirakan penyaluran kredit tetap aman, sehingga tidak banyak melakukan restrukturisasi.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 02 Oktober 2019  |  14:27 WIB
Ekskavator mengangkut tanah ke truk di tambang terbuka di Pemali, Bangka, Indonesia, Kamis (25/7/2019). - Reuters/Fransiska Nangoy
Ekskavator mengangkut tanah ke truk di tambang terbuka di Pemali, Bangka, Indonesia, Kamis (25/7/2019). - Reuters/Fransiska Nangoy

Bisnis.com, JAKARTA - Meski kondisi ekonomi sektor pertambangan didera isu negatif, MUFG Bank Ltd. cabang Jakarta memperkirakan penyaluran kredit tetap aman, sehingga tidak banyak melakukan restrukturisasi.

Managing Director, Head of Global Corporate & Institutional Banking MUFG for Indonesia Pancaran Affendi menuturkan perseroan telah menerapkan strategi selektif dalam menyalurkan kredit kepada debitur baru maupun debitur exisiting.

Perseroan juga mendapat anjuran langsung untuk menjaga kualitas kredit khususnya ke sektor pertambangan. "Kredit kami akan tetap baik. Restrukturisasi kami masih akan tetap rendah dan stabil, seperti tahun lalu," katanya kepada Bisnis, Selasa (1/10/2019.

Berdasarkan laporan tahunan, total kredit yang telah restrukturisasi pada tahun lalu hanya Rp 5,18 miliar. Nilai ini bahkan turun dari tahun lalu Rp5,62 miliar. Padahal, penyaluran kredit pada 2018 tumbuh 10,9%.

Adapun pada tahun ini, total kredit yang disalurkan pada paruh pertama tercatat Rp118,27 triliun, naik 9,75% (year-on-year/yoy).

Anjloknya harga batu bara sejak September 2018 hingga Juli lalu membuat sejumlah perusahaan tambang berurusan dengan pengadilan, karena tersangkut masalah utang piutang.

Dari penelusuran Bisnis, pada tahun ini hingga September terdapat sembilan perusahaan tambang batu bara yang harus keluar masuk Pengadilan Niaga untuk merestrukturisasi utang-utangnya di bawah pengawasan hakim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit Mitsubishi UFJ Financial Gorup (MUFG)
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top