Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Fundamental Kuat, Peringkat Obligasi BRI Tetap idAAA

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mempertahankan peringkat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. pada "idAAA"
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 04 Oktober 2019  |  18:17 WIB
Karyawati PT Bank Rakyat Indonesia Tbk memperlihatkan aplikasi BRI Credit Card Mobile saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (18/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Karyawati PT Bank Rakyat Indonesia Tbk memperlihatkan aplikasi BRI Credit Card Mobile saat diluncurkan di Jakarta, Selasa (18/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mempertahankan peringkat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. pada "idAAA"

Analis Pefindo Adrian Noer menyampaikan obligor dengan peringkat idAAA adalah peringkat tertinggi. Kapasitas obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif lebih unggul dibandingkan dengan obligor Indonesia lainnya.

"Peringkat perusahaan mencerminkan BRI mendapat dukungan yang sangat kuat dan terbukti dari pemerintah Indonesia. Posisi bisnisnya unggul, profitabilitas sangat kuat, dan juga permodalan sangat kuat. Kekuatan ini sebagian diimbangi oleh profil kualitas aset," Katanya seperti dikutip dari siaran pers Pefindo, Selasa (1/10/2019).

Akan tetapi, Adrian juga menggaris bawahi peringkat emiten berkode BBRI ini mungkin berada di bawah tekanan, jika ada penurunan material dalam dukungan pemegang saham. Perseroan dapat mengalami guncangan kinerja yang signifikan.

Adapun, BRI adalah bank komersial milik negara yang fokus pada pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Perseroan memiliki 91.436 karyawan yang beroperasi di jaringan 9.637 outlet di seluruh Indonesia. Pada akhir Juni 2019, 56,8% sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia dan 43,2% dimiliki oleh publik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top