Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jatuh Bangun Fungsi Intermediasi Citibank Indonesia

Citibank N.A. Indonesia menargetkan kredit tumbuh satu digit pada 2020. Pada kuartal III/2019 bank asing ini mencatat fungsi intermediasi turun 7,8% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp44,80 triliun.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 26 November 2019  |  16:37 WIB
Refleksi terlihat pada fasad kaca cabang Citibank di Beijing, China, 18 April 2016. - REUTERS/Kim Kyung/Hoon
Refleksi terlihat pada fasad kaca cabang Citibank di Beijing, China, 18 April 2016. - REUTERS/Kim Kyung/Hoon

Bisnis.com, JAKARTA - Citibank N.A. Indonesia menargetkan kredit tumbuh satu digit pada 2020. Pada kuartal III/2019 bank asing ini mencatat fungsi intermediasi turun 7,8% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp44,80 triliun.

Chief Executive Officer (CEO) Citibank Indonesia Batara Sianturi mengatakan target pertumbuhan kredit tersebut akan diserahkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir tahun ini.

“Kami melihat [pertumbuhan kredit satu digit] supaya lebih realistis tahun depan,” katanya usai rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Sebelumnya Batara sempat menyampaikan bahwa hingga akhir tahun, kredit bank diperkirakan akan turun semakin dalam. Dia memproyeksi intermediasi terkoreksi hingga 10% yoy.

Sebagai perbandingan, pada akhir 2018 Citi Indonesia mencatat pertumbuhan kredit di atas 20% yoy. Akan tetapi, sejak awal tahun 2019 jumlah pembiayaan yang disalurkan bank asing ini terus menurun.

Batara menjelaskan bahwa penurunan kredit terjadi lantaran adanya tekanan dari sektor korporasi. Hal tersebut utamanya berasal dari debitur pada bidang usaha perantara keuangan, pertambangan, dan komunikasi.

“Tapi kami kompensasi dengan pertumbuhan [kredit] di sektor perdagangan dan pengolahan. Perlambatan ini juga terjadi secara industri, kalau dilihat dari data statistik BI kredit perbankan ada perlambatan sampai Oktober tumbuh hanya 8%-9% dibandingkan dengan tahun lalu yang double digit,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

citibank
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top