Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangkok Bank Melobi OJK untuk Mendapat Restu Beli Permata

Bangkok Bank Public Company Limited akan berupaya mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar proses akuisisi PT Bank Permata Tbk. dapat berjalan lancar hingga rampung.
Dirut Bangkok Bank Chartsiri Sophonpanich./Bisnis-istimewa
Dirut Bangkok Bank Chartsiri Sophonpanich./Bisnis-istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Bangkok Bank Public Company Limited akan berupaya mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar proses akuisisi PT Bank Permata Tbk. dapat berjalan lancar hingga rampung.

Presiden Direktur Bangkok Bank Chartsiri Sophonpanich mengatakan manajemen akan fokus mendapat persetujuan OJK pasca penandatanganan perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional share purchase agreement/CSPA) dilakukan, Kamis (12/12).

“Kami akan fokus bekerja sama dengan otoritas untuk dapat persetujuan” ujar Chartsiri pasca konferensi pers di Jakarta.

Sebagai informasi, Bangkok Bank telah menandatangani CSPA dengan PT Astra International Tbk. dan Standard Chartered Bank untuk membeli seluruh saham kedua perseroan di Bank Permata.

Astra dan Standard Chartered sebelumnya memiliki masing-masing 44,56% saham Bank Permata. Jumlah ini mewakili 89,12% modal yang ditempatkan di perseroan.

Transaksi jual beli saham ini akan resmi rampung pasca seluruh persyaratan dipenuhi, termasuk adanya persetujuan OJK, Bank of Thailand, serta para pemegang saham Bangkok Bank atas aksi korporasi ini.

Chartsiri juga menyebut akan membicarakan lebih lanjut target untuk Bank Permata ke depan. Pembicaraan ini akan dilakukan pihak Bangkok Bank bersama jajaran direksi Bank Permata.

Menurut Chartsiri, akuisisi Bank Permata sejalan dengan strategi perseroan agar menjadi bank regional terkemuka. Dia menyebut budaya yang saat ini dimiliki Bank Permata cocok dengan budaya kerja Bangkok Bank.

Bank asal Thailand ini juga menyebut kekuatan manajemen dan tim Bank Permata menjadi nilai tambah bagi mereka untuk melakukan akuisisi.

Dia menyebutkan, jaringan Bank Permata yang luas serta kemampuan digital eksisting dapat bermanfaat untuk mewujudkan peluang Bank Bangkok memperbesar ceruk pembiayaan di segmen korporasi dan UKM.

“Kami ingin melanjutkan hubungan kemitraan kuat yang telah dijalin PermataBank dengan Astra International. Kemitraan antara PermataBank dan Astra International mencakup pengembangan pendanaan bersama, penggajian, dan pinjaman kepada karyawan Astra,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper