Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 17 DESEMBER: Kredit Ekspor-Impor Lesu, Perang Harga Tak Terelakkan

Berita mengenai perlambatan kredit untuk aktivitas ekspor-impor dan persaingan di pasar kendaraan roda empat, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Selasa (17/12/2019).
Petugas dibantu alat berat memindahan kontainer dari kapal ke atas truk pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (17/5). JIBI/Bisnis/Dwi Prasetya
Petugas dibantu alat berat memindahan kontainer dari kapal ke atas truk pengangkut di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Selasa (17/5). JIBI/Bisnis/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai perlambatan kredit untuk aktivitas ekspor-impor dan persaingan di pasar kendaraan roda empat, di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Selasa (17/12/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Kredit Ekspor-Impor Lesu. Industri perbankan mengkhawatirkan perlambatan kredit untuk aktivitas ekspor-impor masih berlanjut pada tahun depan, seiring dengan kondisi ekonomi global yang belum memperlihatkan tanda-tanda perbaikan.

Pacu Ekspor dari Hilir. Pemerintah perlu mengundang banyak investor di industri hilir untuk memacu nilai tambah pada komoditas yang memiliki potensi ekspor, sebagai strategi menjaga neraca perdagangan yang sejauh ini masih defisit.

Kejar Tayang RUU Cipta Lapangan Kerja. Penyusunan RUU Cipta Lapangan Kerja meleset dari target. Waktu 3 bulan yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada DPR juga diyakini tidak akan cukup untuk membahas payung hukum ini.

Boeing Setop Produksi 737 Max. Boeing Co. tengah mempertimbangkan rencana penghentian produksi jet single-asile 737 Max menyusul larangan terbang pesawat jenis tersebut setelah terjadinya dua kecelakaan yang menewaskan 346 orang.

13 Paket Konstruksi Dilelang. Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) telah membuka pelelangan 13 paket konstruksi dari 9 proyek bendungan hingga pekan kedua Desember 2019.

Bank Amar Bersiap Melantai di Bursa. Di tengah kecilnya minat pelaku industri perbankan untuk melantai di Bursa Efek Indonesia tahun ini, salah satu bank kecil, yakni PT Bank Amar Indonesia Tbk. justru memberanikan diri untuk melepas sahamnya di pasar modal.

RI Butuh Produk Ekspor Unggulan Baru. Indonesia perlu menambah dan memperkuat industri yang ditujukan sebagai produk andalan ekspor, guna memaksimalkan utilitas Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Telkomsel Dominan, Indosat Melesat. Kecepatan akses internet lewat jaringan seluler di Indonesia meningkat pesat dalam 6 bulan terakhir. PT Telekomunikasi Selular memperlebar keunggulan kecepatan akses di jaringannya, sedangkan kecepatan di jaringan PT Indosat Tbk. tumbuh pesat.

Peremajaan Sawit Bakal Kian Kencang. Realisasi program peremajaan kebun kelapa sawit milik rakyat pada tahun depan diyakini makin kencang seiring dengan diberlakukannya kembali pungutan ekspor yang akan ditampung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Perang Harga Tak Terelakkan. Persaingan di pasar kendaraan roda empat semakin sengit lantaran dealer banting harga untuk menghabiskan unit masing-masing. Kondisi ini merupakan salah satu imbas dari kondisi pasar yang menurun sepanjang 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper