Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apakah Investasi Online Aman di Tahun 2020?

Melakukan investasi merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan demi mempersiapkan masa depan, tidak heran jika banyak orang yang mulai melirik investasi di tahun baru ini.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 06 Januari 2020  |  13:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Melakukan investasi merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan demi mempersiapkan masa depan, tidak heran jika banyak orang yang mulai melirik investasi di tahun baru ini.

Juga dengan maraknya perkembangan teknologi saat ini, semakin banyak alternatif investasi online yang mulai muncul dan menawarkan keuntungan, kemudahan, dan keamanan. Banyaknya pilihan ini mempermudah para calon investor untuk melakukan investasi dan diversifikasi di platform-platform investasi online.

Tapi tetap perlu diperhatikan mana platform investasi online yang tepat dan cocok untuk mengelola keuanganmu di tahun baru ini, jangan sampai kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan malah membuatmu terkecoh. Lalu, apa ciri-ciri investasi online yang aman? Simak jawabannya berikut.

Mempersiapkan Masa Depan dengan Lebih Mudah Melalui Investasi Online

Investasi merupakan sebuah kegiatan melakukan pengembangan dana atau aset dalam suatu produksi untuk menghasilkan keuntungan berjangka. Pada umumnya, istilah ini digunakan dalam bidang bisnis dan perekonomian.

Dari pengertian di atas juga dapat disimpulkan bahwa investasi online adalah kegiatan pengembangan dana yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan berjangka secara online.

Namun, investasi online juga memiliki kelebihan serta kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum kamu mulai mengembangkan danamu secara online..

Kelebihan

  • Investasi Online tidak memerlukan kita untuk melakukan tatap muka dalam proses transaksinya, sehingga ini dapat memudahkan mereka yang ingin melakukan pengembangan dana dan mempercepat proses transaksi karena semua bisa dilakukan melalui platform online.
  • Semua dapat diakses melalui internet kapan pun dan dimana pun sehingga proses pendanaan yang kamu lakukan ini dapat dimonitor selalu. Hal-hal seperti nilai aset yang ada  atau perubahan nilai imbal hasil (return) dapat terlihat dengan mudah. 
  • Dengan menggunakan platform online, investasi cenderung lebih transparan, karena hal-hal seperti nilai jual beli terpapar dengan jelas. Selain itu, para investor pun bisa dengan mudah membandingkan dengan instrumen investasi online lainnya.
  • Pada umumnya, investasi online juga dapat dimulai dengan modal yang relatif lebih kecil, karena transaksi online biasanya memiliki batas atas. Hal ini sebenarnya mempermudah para pemula yang ingin melakukan pengembangan dana karena dengan modal awal yang kecil, risiko bisa lebih ditoleransi.

Kekurangan

Di sisi lain, investasi online pada umumnya tidak memiliki bentuk fisik. Jumlah uang yang kamu investasikan beserta imbal hasilnya biasanya hanya terpapar dalam bentuk digital saja. Maka dari itu, peluang terjadinya penipuan relatif lebih tinggi.

Ditambah lagi, tidak ada tatap muka dalam proses transaksinya sehingga kamu tidak mengetahui siapa orang di balik layar. Hal-hal inilah yang penting untuk diwaspadai.

Lalu, Bagaimana Cara Aman Melakukan Investasi Online?

Untuk menekan risiko adanya penipuan dalam melakukan investasi secara online ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memulai investasi online yaitu:

  • Melihat review dari pengguna lain

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah melihat review dari orang-orang yang sudah menggunakan investasi online. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Apabila investasi online tersebut dalam bentuk aplikasi, kamu bisa membandingkan ulasannya di App Store atau Google Play.

  • Berhati-hati Saat Memberikan/Mengisi Data Personal

Saat sudah yakin untuk memulai investasi online, maka perlu dipastikan untuk tidak memberikan data-data sensitif. Data-data seperti pin ATM, kata sandi akun internet banking dan beberapa data penting bank lainnya untuk tidak perlu diberikan kepada siapapun. 

  • Pastikan Alamat dan Nomor Kontak Pengelola

Walaupun memilih sebuah investasi online, jangan lupa untuk memastikan kantor fisik dan nomor telepon dari investasi yang kamu pilih. Apakah benar pilihanmu memiliki kantor fisik dan benar-benar memiliki usaha tersebut. Apabila kamu tidak memiliki waktu untuk mendatangi kantor fisiknya, kamu bisa melakukan pengecekan singkat di search engine untuk melihat bentuk kantor dari investasi online tersebut.

  • Pastikan Memiliki Izin dari Regulator Resmi

Yang paling penting pastikan bahwa platform tersebut memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan adanya izin resmi yang diberikan oleh regulator ini, proses transaksi yang dilakukan tentu akan diawasi oleh lembaga keuangan pemerintah agar tidak terjadi tindak penipuan atau tindakan lainnya yang dapat merugikan calon pengembang dana.

Karena itu, meski ada risiko penipuan yang dapat mengintai saat akan melakukan pengembangan dana melalui investasi online, kamu dapat melakukan tindakan preventifnya dengan memastikan keempat hal di atas. 

Mulai Kembangkan Dana di P2P Lending Sebagai Alternatif Investasi Online

Salah satu bentuk alternatif investasi online yang sedang populer saat ini adalah Peer to Peer Lending atau biasa disingkat P2P Lending. Platform Peer to Peer Lending menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usahanya dengan para pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk membantu mengembangkan UKM tersebut.

Akseleran sebagai salah satu platform P2P Lending di Indonesia, memberikan kesempatan para pengembang dana untuk memberikan kontribusi kepada ekonomi nasional dengan cara memberikan pinjaman kepada para UKM dengan imbal hasil yang menarik sesuai dengan risiko yang ada.

Sebagai alternatif investasi online, Akseleran juga sudah mendapatkan izin penuh dari OJK sehingga semua proses transaksi pastinya sudah melewati pengawasan penuh dari OJK. Di samping itu, Akseleran pun melengkapi setiap dana yang masuk dengan proteksi asuransi untuk memitigasi risiko gagal bayar.

Pendanaan awal yang dapat kamu lakukan di Akseleran juga dapat dimulai hanya dengan Rp100 ribu saja. Bahkan untuk pendaftar baru, kamu bisa menggunakan kode promo BISNISCOM2020 untuk mendapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu, yang dapat kamu kembangkan untuk menikmati imbal hasil hingga 21% per tahun. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email cs@akseleran.co.id. Kamu juga bisa unduh aplikasi Akseleran dari Google Play atau Apple App Store untuk mengembangkan dana dengan lebih mudah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akseleran
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top