Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sasar Pembiayaan Digital, Pegadaian Rangkul Fintech

Perseroan menilai perkembangan perusahaan fintech bukanlah sebuah ancaman, tetapi peluang bisnis baru.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  10:38 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menyasar pembiayaan digital, PT Pegadaian (Persero) menggandeng sejumlah perusahaan teknologi finansial atau financial technology (fintech) sebagai mitra.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menjelaskan pihaknya tidak menilai perkembangan perusahaan fintech sebagai ancaman, tetapi sebuah peluang bisnis baru.

"Orang selalu bilang fintech ini ancaman, tetapi saya bilang ini peluang karena [fintech] akan besar. Kami siapkan antisipasi untuk tahap awal kerja sama dengan beberapa perusahaan fintech," ujarnya menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers, Kamis (13/2/2020).

Dengan menggandeng perusahaan teknologi finansial, Pegadaian melihat potensi pasar yang bisa digarap menjadi semakin besar. Dengan demikian, jumlah nasabah yang saat ini sekitar 13 juta, diyakini akan terus bertambah. Namun, Kuswiyoto tidak merinci pihak mana yang diajak sebagai mitra perseroan.

Selain menggandeng mitra, Pegadaian juga akan melakukan kajian lanjutan untuk membuat produk fintek sendiri. Salah satunya lewat langkah penguatan sistem informasi teknologi, serta merekrut tim ahli yang dapat mendukung rencana bisnis tersebut.

Adapun, Pegadaian pada tahun lalu membukukan laba bersih senilai Rp3,1 triliun atau tumbuh 12 persen dibandingkan dengan 2018, serta mencatatkan outstanding pembiayaan senilai Rp 50,4 triliun atau tumbuh 23,3 persen secara tahunan.

Jumlah nasabah Pegadaian tumbuh dari 10,64 juta menjadi 13,86 juta di 2019, atau bertambah sebanyak 3,2 juta nasabah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pegadaian fintech
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top