Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baru Seumur Jagung, Kenapa Direktur Milenial BNI Diganti?

BNI melakukan perombakan direksi pada rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Kamis (20/2/2020).
Logo Bank BNI - istimewa
Logo Bank BNI - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Jajaran direksi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. resmi dirombak. Achmad Baiquni yang telah menjabat sebagai direktur utama sejak Maret 2015 resmi diganti oleh Herry Sidharta yang sebelumnya menjabat sebagai wakil direktur.

Perombakan direksi BNI tidak hanya soal perginya Baiquni dari bank pelat merah tersebut. Namun, juga mengenai kepergian sejumlah direksi lainnya.

Bisnis mencatat direksi-direksi yang dilepas pergi dari BNI yakni Ario Bimo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan, Rico Budiarmo sebelumnya sebagai Direktur Management Risiko, Dadang Setiabudi sebelumnya sebagai Direktur Teknologi Informasi & Operasi, dan Endang Hidayatullah sebelumnya Direktur Human Capital & Kepatuhan.

Hilangnya nama Ario dari jajaran direksi BNI cukup menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, dia sempat dielukan sebagai direktur milenial pertama di BNI.

Ario diangkat melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 30 Agustus 2019. Dia ditetapkan sebagai direktur keuangan saat berusia 38 tahun.

Menanggapi hal tersebut, Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan pergantian direksi sudah sesuai dengan kebutuhan ke depan bank pelat merah tersebut. Termasuk, pergantian Ario, yang dinilai tidak berkaitan dengan sosoknya yang disebut sebagai direksi milenial.

Menurutnya, BUMN diharapkan mulai menguatkan bisnis dan harus berbeda dengan bank pelat merah lain, seperti Bank Mandiri. Pemilihan direksi saat ini pun sudah menyesuaikan dengan kebutuhan BNI.

"BNI punya langkah ke depan lagi yang pasti dicarikan orang-orang yang sesuai dengan langkah ke depan. Ini bukan soal dia milenial atau bukan, tetapi soal kebutuhan industrinya," katanya kepada Bisnis, Sabtu (22/2/2020).

Menurutnya, Kementerian BUMN juga belum dapat memastikan mengenai kemungkinan sosok Ario kembali menduduki kursi di salah satu perusahaan plat merah. Hanya saja, dia menegaskan pergeseran Ario dari posisi Direktur Keuangan BNI karena kebutuhan di tubuh bank dengan kode saham BBNI tersebut.

"Kami lihat saja apakah nanti sosok Ario ini akan dibutuhkan atau tidak di BUMN, sambil menunggu kondisi, tetapi yang pasti ada kebutuhan-kebutuhan tertentu di BNI yang memang mau tidak mau harus menempatkan direktur lain di bidang keuangan sana," katanya.

Sementara itu, sosok lama juga masih menjabat sebagai direksi BNI. Herry Sidharta, misalnya. Sebelumnya, dia merupakan wakil direktur utama kemudian menjadi direktur utama BNI. Ada pula Anggoro Eko Chayo Eko Cahyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis Konsumer kini sebagai wakil direktur utama.

Putrama Wahju Setyawan yang sebelumnya menjabat sebagai direktur bisnis korporasi kemudian menjadi Direktur Trisuri dan Internasional.

Tambok Parulian Setyawati yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis UMKM & Jaringan menjadi Direktur Bisnis UMKM. Bob Tyasika Ananta kini menjabat sebagai Direktur Human Capital dan Kepatuhan dari sebelumnya Direktur Treasury & Internasional Banking.

Adi Sulistyowati yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan kini menjadi Direktur Layanan dan Jaringan.

Sosok-sosok baru yang menjabat sebagai direksi BNI saat ini yakni Sigit Prastowo sebagai Direktur Keuangan, Osbal Saragi Rumahorbo sebagai Direktur Manajemen Risiko, Corina Leyla Karnalies Direktur Bisnis Konsumer, Y.B. Hariantono sebagai Direktur IT dan Operasi, Sis Apik Wijayanto sebagai Direktur Hubungan Lembaga, dan Benny Yoslim sebagai Direktur Bisnis Korporasi.

Adapun, berikut susunan direksi BNI saat ini :

Direktur Utama : Herry Sidharta

Wadirut : Anggoro Eko Cahyo

Direktur Keuangan : Sigit Prastowo

Direktur Manajemen Risiko : Osbal Saragi Rumahorbo

Direktur Trisuri dan Internasional : Putrama Wahju Setyawan

Direktur Bisnis Konsumer : Corina Leyla Karnalies

Direktur Bisnis UMKM : Tambok Parulian Setyawati

Direktur IT dan Operasi : Y.B. Hariantono

Direktur Human Capital dan Kepatuhan : Bob Tyasika Ananta

Direktur Hubungan Lembaga : Sis Apik Wijayanto

Direktur Bisnis Korporasi : Benny Yoslim

Direktur Layanan dan Jariangan : Adi Sulistyowati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper