Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ikuti Langkah Fed, Bank Sentral Korea Pangkas Suku Bunga

Bank sentral Korea Selatan, Bank of Korea (BOK), memangkas suku bunga acuannya menjadi 0,75 persen dalam sebuah rapat darurat.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 16 Maret 2020  |  16:17 WIB
Pejalan kaki menyeberang di jalan menuju pintu masuk ke museum Bank of Korea (BOK) yang terdapat di tengah kompleks kantor pusat Bank of Korea di Seoul, Korea Selatan. - Bloomberg/Jean Chung
Pejalan kaki menyeberang di jalan menuju pintu masuk ke museum Bank of Korea (BOK) yang terdapat di tengah kompleks kantor pusat Bank of Korea di Seoul, Korea Selatan. - Bloomberg/Jean Chung

Bisnis.com, JAKARTA— Bank sentral Korea Selatan, Bank of Korea (BOK), memangkas suku bunga acuannya menjadi 0,75 persen dalam sebuah rapat darurat.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (16/3/2020), BOK mengadakan rapat darurat pertama kalinya sejak krisis finansial dan menurunkan suku bunga seven-day repurchase rate sebesar 50 basis poin (bps) yang efektif pada 17 Maret 2020.

Keputusan tersebut diambil setelah Federal Reserve yang menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 bps menjadi di kisaran 1persen hingga 1,25 persen untuk melindungi ekonomi Amerika Serikat dari risiko wabah virus corona di dunia.

Kekhawatiran adanya resesi global menjangkiti pasar keuangan seiring dengan semakin parahnya pandemik global Covid-19. Laju penyebaran virus corona di luar China menyebabkan konsumen berada di rumah sehingga mengganggu kegiatan bisnis.

Merebaknya wabah virus corona telah menghambat prospek pertumbuhan ekonomi Korea Selatan yang bergantung terhadap aktivitas ekspor. Data awal menunjukkan penjualan ritel dan industri pariwisata terpukul sangat berat dan menyusutnya perdagangan juga menunjukkan disrupsi rantai pasokan.

Sebelumnya, BOK menuai kritik tajam karena dianggap lambat merespons situasi krisis pada Februari lalu, ketika bank sentral ini memilih untuk menaikkan batas pinjaman murah untuk dunia usaha.

BOK tercatat mengoreksi target pertumbuhan ekonomi Korea Selatan dari 2,3 persen menjadi 2,1 persen pada tahun ini. Proyeksi itu masih sangat optimistis dibandingkan proyeksi Goldman Sachs yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi negara ini hanya mampu sebesar 1 persen pada 2020.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suku Bunga korea selatan federal reserve

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top