Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mau Ajukan Keringanan Utang? APPI Minta Nasabah Datang Langsung ke Leasing

Nasabah yang ingin mendapatkan program relaksasi kredit harus menjelaskan alasannya terlebih dahulu dengan datang ke kantor cabang leasing.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  19:42 WIB
Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dijual di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dijual di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Asosasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) meminta nasabah agar datang langsung ke perusahaan multifinance atau leasing supaya memahami aturan tentang relaksasi kredit atau penangguhan angsuran.

Ketua APPI Suwandi Wiratno menjelaskan bagi nasabah yang mau mendapatkan program relaksasi kredit ini, harus menjelaskan alasannya terlebih dahulu.

"Harusnya nasabah datang ke perusahaan leasing, jelaskan kenapa pendapatannya turun. Nanti akan diambil tindakan untuk mengatasi masalah itu," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (26/3/2020).

Dia mengaku relaksasi kredit yang dimaksud pemerintah, sudah dijelaskan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, yaitu berupa restrukturisasi kredit dengan sejumlah pilihan yang dapat disepakati antara nasabah dengan perusahaan.

Beberapa pilihan dimaksud, yaitu penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas kredit atau pembiayaan, dan konversi kredit atau pembiayaan menjadi modal.

Meski ada program penangguhan angsuran ini dari pemerintah, pihaknya mengingatkan nasabah agar yang mengajukan itu benar-benar terdampak masalah akibat situasi saat ini.

"Namun, jangan pula [kondisi] enggak susah, bilangnya sedang kondisi susah. Nanti akan dicek tabungannya ada berapa," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance appi restrukturisasi utang
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top