Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LPS : Likuiditas Perbankan Masih Aman, Bank Kecil Jadi Perhatian

LPS memantau kondisi bank-bank kecil karena dikhawatirkan akan mengalami kesulitan likuiditas jika situasi memburuk dan kegiatan ekonomi tidak mampu tumbuh dengan cepat.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 09 April 2020  |  15:57 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Selasa (23/4/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Selasa (23/4/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA -- Kondisi likuiditas perbankan di Indonesia dinilai cukup aman, hanya bank-bank kecil yang mendapat perhatian khusus.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah mengatakan pihaknya hanya memantau beberapa bank kecil yang dinilai akan mengalami masalah likudidasi. Bank-bank kecil yang dipantau tersebut ditakutkan akan mengalami kesulitan likuiditas jika situasi memburuk dan kegiatan ekonomi tidak mampu tumbuh cepat.

Hanya saja, Halim optimistis dengan pelonggaran likuditas dari Bank Indonesia akan membuat bank-bank yang mengalami kesulitan likuiditas bisa mengatasi masalah tersebut.

"Kita cukup hanya memantau bank kecil, tidak semua, tapi ada beberapa yang kami pantau kalau situasi membutuk dan kegiatan ekonomi tidak mampu tumbuh," katanya dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Kamis (9/4/2020).

Selain itu, LPS lebih mengkhawatirkan semakin banyak bank perkreditan rakyat (BPR) yang mengalami kegagalan akibat terkena dampak negatif COVID-19.

Saat ini LPS sedang berupaya melakukan diskusi dengan OJK dan Bank Indoensia untuk memberikan semacam dana talangan bagi BPR dalam menghadapi kondisi tidak normal. Opsi yang dapat memberikan dana talangan adalah BPD, hanya saja hal tersebut masih perlu didiskusikan.

"Apakah BPD bisa pernah didiskusikan, mengeluarkan semacam surat utang, jadi kurang lebih bisa seperti itu tergantung kesiapan BPD dan bagian dengan Bank Indonesia," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan lps
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top