Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Corona Jadi Momentum Percepatan Digital Banking Syariah

Pandemi corona mengajarkan pelaku industri perbankan untuk tidak begitu banyak mengandalkan kontak fisik dan mempercepat proyek digital banking.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 21 April 2020  |  20:03 WIB
Ilustrasi bank syariah - Istimewa
Ilustrasi bank syariah - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) mengajak perbankan syariah untuk lebih gencar melakukan pengembangan digital banking.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, terutama di tengah wabah corona.

Pengurus DPP Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Herwin Bustaman mengatakan pandemi virus corona mengajarkan pelaku industri perbankan untuk tidak begitu banyak mengandalkan kontak fisik dan mempercepat proyek digital banking-nya.

"Sebenarnya, dalam momen ini digital banking itu harus menjadi fokus utama. Semua transaksi yang berbasis digital akan menjadi kultur bisnis baru, yang dapat memberi manfaat kepada bank dan nasabahnya," katanya dalam dalam webminar Refinitiv dan KNEKS, Selasa (21/4/2020).

Herwin menjelaskan kondisi ekonomi kaum milenial saat ini pun sudah tergolong cukup berkembang. Kebutuhan pembiayaan, baik untuk konsumer maupun usahanya pun meningkat cukup pesat.

Menurutnya, bank syariah justru memiliki peluang untuk menangkap peluang ini lebih dulu karena Indonesia memiliki populasi muslim yang besar.

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Perbanas Institute Piter Abdullah mengatakan transaksi digital memang sudah semakin dikenal oleh masyarakat.

Menurutnya, kebijakan pembatasan sosial di tengah pandemi corona akan tetap membuat transaksi digital meningkat, meskipun tidak begitu tinggi karena perlambatan ekonomi.

"Kemampuan masyarakat juga dibatasi oleh perlambatan ekonomi, saya perkirakan transaksi digital akan meningkat, tetapi tidak terjadi lompatan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah Virus Corona Digital Banking
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top