Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cadangan Devisa Mei 2020 Bakal Naik, Ini Alasan BI

Peningkatan cadev ini seiring dengan mulai stabilnya nilai tukar rupiah setelah terdepresiasi cukup signifikan pada Maret 2020 akibat kepanikan di pasar keuangan global.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  17:10 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memberikan sinyal bahwa cadangan devisa (cadev) per Mei 2020 bakal meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan peningkatan cadev ini seiring dengan mulai stabilnya nilai tukar rupiah setelah terdepresiasi cukup signifikan pada Maret 2020 akibat kepanikan di pasar keuangan global.

Nilai tukar rupiah pun diproyeksikan bakal kembali menguat pada bulan-bulan ke depan seiring dengan memulihnya perekonomian domestik dan menurunnya premi risiko credit default swap (CDS).

Secara fundamental, nilai tukar rupiah masih undervalue dan dengan ini nilai tukar rupiah akan kembali menguat sebagaimana yang terjadi sebelum Covid-19.

"Nilai tukar rupiah akan menguat sesuai dengan fundamentalnya yang disokong oleh inflasi rendah, CAD [current account deficit] rendah, masuknya investor asing pada SBN, dan menariknya imbal hasil SBN bagi investor," kata Perry, Kamis (28/5/2020).

Perlu dicatat, posisi cadev sebelum terjadinya Covid-19 yakni pada Februari 2020 sempat mencapai US$130,4 miliar.

Pada Maret 2020, posisi cadev tercatat ambles ke US$121 miliar akibat intervensi yang dilakukan BI untuk menjaga nilai tukar.

Namun, pada April 2020 posisi cadev mulai meningkat ke angka US$127,9 miliar akibat penerbitan global bonds pada bulan tersebut oleh pemerintah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia cadangan devisa
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top