Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batal Liburan Karena Corona? Ini Tips untuk Pengembalian Dana

Pembatasan aktivitas karena pandemi mempengaruhi rencana perjalanan atau liburan banyak orang yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari.
Ilustrasi/Bethesmartwife
Ilustrasi/Bethesmartwife

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak diberlakukannya pembatasan aktivitas karena pandemi virus corona (Covid-19), masyarakat disarankan untuk tetap berada di rumah.

Hal ini juga mempengaruhi rencana perjalanan atau liburan banyak orang yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari.

Berikut tips dari Mastercard bagi anda yang ingin melakukan refund atau pengembalian dana atas pembelian berbagai keperluan perjalanan seperti tiket transportasi dan kamar hotel.

Pertama, cek situs di mana anda melakukan transaksi. Penting selalu mengecek merchant tempat anda melakukan transaksi untuk memahami opsi-opsi yang anda miliki.

Biasanya, merchant akan memberikan solusi secara langsung, baik dalam bentuk pengembalian dana, kredit, atau vocer.

Namun, sebelumnya catat dulu semua pertanyaan sebelum menghubungi merchant, karena banyak orang yang ingin mengubah rencana liburan mereka di tengah situasi saat ini, ada kemungkinan anda akan kesulitan untuk menghubungi para merchant.

Jadi, lebih baik bertanya selengkap-lengkapnya saat berbicara dengan mereka agar tidak perlu kembali menghubungi merchant.

Ketika menghubungi merchant, tanyakan juga perkiraan waktu untuk dapat melakukan proses pengembalian dana. Di tengah situasi yang tidak pasti seperti sekarang, lebih baik mulai dari jauh hari agar aman.

Kedua, cek apakah anda memiliki asuransi perjalanan. Jika merchant tidak dapat membantu atau jika mereka tidak dapat dihubungi sama sekali, maka anda bisa mencoba cara kedua ini.

Jika anda tidak mendapatkan solusi dari merchant, selalu cek apakah anda memiliki opsi lainnya.

Ketiga, hubungi bank penerbit kartu anda. Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, coba hubungi bank penerbit kartu anda.

Persiapkan terlebih dahulu semua detail-detail penting yang diperlukan untuk membantu prosesnya, mulai dari jumlah transaksi hingga tanggal melakukan transaksi.

Siapkan juga diri anda untuk berbagi percakapan yang sudah anda lakukan dengan merchant.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper