Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akuisisi Perbankan: BCA Bakal Merger Rabobank dengan Anak Usaha

Manajemen Bank BCA menyebutkan setelah penyelesaian rencana akuisisi, Bank Rabobank akan digabungkan dengan salah satu perusahaan anak yang ada di grup Bank BCA.
Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan
Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk. akan menggabungkan PT Bank Rabobank International Indonesia dengan salah satu entitas anak usai akuisisi.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Senin (8/6/2020), perseroan menyebutkan setelah penyelesaian rencana akuisisi, Rabobank akan memberi nilai tambah kepada BCA dan entitas anak Grup BCA melalui antara lain rencana penggabungan dengan salah satu entitas anak BCA.

“Potensi penggabungan Rabobank dengan entitas anak BCA akan dikaji sebagai inisiatif strategis untuk memperkuat entitas anak BCA yang akan menerima penggabungan,” kata manajemen dalam keterbukaan informasi tersebut.

Perseroan meyakini perekonomian Indonesia memiliki prospek yang baik untuk pertumbuhan ke depannya, ditopang oleh konsumsi domestik serta penyelesaian berbagai proyek-proyek infrastruktur sebagai landasan aktivitas investasi.

Industri perbankan pun berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dan berbagai aktivitas usaha nasional.

Meskipun dipengaruhi oleh ketidakpastian ekonomi global yang turut berimbas pada perekonomian domestik, pemerintah dan regulator tetap mendukung stabilitas ekonomi dan mempertahankan industri perbankan yang sehat.

Di samping itu, perseroan pun menyebutkan program konsolidasi industri perbankan merupakan salah satu langkah strategis yang dirancang oleh regulator untuk menciptakan soliditas industri perbankan. 

“Rencana akuisisi akan mendukung arsitektur perbankan Indonesia tersebut dan memberikan kontribusi bagi tercapainya konsolidasi perbankan nasional,” ujarnya.

Besarnya populasi usia produktif dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang pun akan meningkatkan jumlah kelas menengah yang mana tren demografi tersebut akan membutuhkan layanan keuangan dan perbankan yang semakin komprehensif.

“Dalam rangka menyediakan solusi dan layanan yang komprehensif bagi nasabah, BCA senatiasa melakukan pengembangan produk dan layanan perbankan dan melakukan sinergi dengan para entitas anak.”

Adapun, BCA memiliki entitas-entitas anak yang bergerak di bidang pembiayaan mobil, pembiayaan sepeda motor, asuransi umum, asuransi jiwa, perbankan, perbankan syariah, sekuritas, remittance dan penanaman modal ventura.

Basis nasabah BCA yang besar memberikan potensi bagi pengembangan bisnis entitas-entitas anak melalui cross selling, dan sebaliknya bisnis entitas-entitas anak akan memperkokoh hubungan nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper