Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Covid-19 Masih Ada, BI Perpanjang Penyesuaian Jadwal Layanan Operasi Hingga 30 Juni

Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko menyatakan perpanjangan penyesuaian jadwal operasional dan layanan publik tersebut lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang belum kondusif.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  19:04 WIB
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia memperpanjang penyesuaian jadwal operasional dan layanan publik sampai 30 Juni 2020 yang seharusnya hanya berlaku sampai 15 Juni 2020.

Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko menyatakan perpanjangan tersebut lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang belum kondusif.

“Mencermati perkembangan Covid-19 terkini, Bank Indonesia (BI) memperpanjang kebijakan penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik, dari yang sebelumnya berakhir 15 Juni 2020 menjadi 30 Juni 2020,” katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip Bisnis, Jumat (12/6). 

Dengan demikian jadwal kegiatan operasional dimaksud terhitung setelah tanggal 15 Juni 2020 hingga 30 Juni 2020 tetap mengacu kepada siaran pers BI No.22/24/DKom tanggal 24 Maret 2020.

Perpanjangan kebijakan tersebut juga memerhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat, serta hasil koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan dan pelaku industri keuangan.

Dalam masa prakondisi kenormalan baru, kebijakan operasional BI akan mempertimbangkan upaya peningkatan kegiatan produktif secara bertahap dengan senantiasa memerhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

BI mengimbau industri keuangan khususnya perbankan untuk menanamkan gerakan gaya hidup baru (new lifestyle) di era kenormalan baru dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 termasuk dalam rangka pelaksanaan tugas, khususnya di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Berikut penyesuaian jadwal kegiatan operasional dan layanan publik yang berlaku sejak 30 Maret sampai 30 Juni mendatang:

A. Kegiatan operasional Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) menjadi sebagai berikut:

jadwal operasional bank indonesia, BI-RTGS

B. Kegiatan Operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) Perubahan jam operasional SKNBI menjadi sebagai berikut:

SKNIB, jadwal operasional bank indonesia,

C. Layanan Operasional Kas Perubahan jam operasional Layanan Kas menjadi sebagai berikut:

operasional kas, jadwal operasional bank indonesia,

D. Transaksi Operasi Moneter Rupiah dan Valas Transaksi Operasi Pasar Terbuka (OPT) Rupiah dan Operasi Moneter Valas (OM Valas) yang semula dari pukul 08:00 s.d. 16:00 WIB disesuaikan menjadi pukul 09:00 s.d. 15:00 WIB. Sementara itu, transaksi Standing Facility (SF) yang semula dari pukul 16:00 s.d. 18:00 WIB disesuaikan menjadi pukul 15:00 s.d. 16:00 WIB. Selengkapnya sebagai berikut:

- Transaksi Operasi Moneter Rupiah

jadwal operasional dan layanan bank indonesia, transaksi moneter rupiah

- Transaksi Operasi Moneter Valas

transaksi operasi moneter valas, jadwal operasional bank indonesia,

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perbankan jasa keuangan
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top