Selamat! Bank Yudha Bhakti Telah kantongi Izin Efektif Right Issue dari OJK

PT Bank Yudha Bhakti Tbk (BYB) telah resmi mendapatkan Surat Pemberitaan Efektif Pernyataan Pendaftaran dalam rangka right issue tertanggal 18 Juni 2020. 
Kantor Pusat Bank Yudha Bhakti.
Kantor Pusat Bank Yudha Bhakti.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Yudha Bhakti Tbk (BYB) telah resmi mendapatkan Surat Pemberitahuan Efektif Pernyataan Pendaftaran dalam rangka right issue tertanggal 18 Juni 2020. 

BYB melakukan right issue dengan berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.320.381.878 lembar saham dengan nominal Rp100 per saham atau setara 17,65% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Harga pelaksanaan right issue itu ditetapkan senilai Rp 300 per saham. Dengan begitu, diharapkan BYB akan mengantongi dana segar dari aksi korporasi tersebut sebanyak-banyaknya sebesar Rp 396,11 miliar.

BYB menjadwalkan perdagangan saham dengan HMETD akan digelar pada 26 Juni di pasar reguler dan negosiasi, serta 30 Juni di pasar tunai. Sedangkan perdagangan saham tanpa HMETD akan dilakukan pada 29 Juni di pasar reguler dan negosiasi, serta pada 1 Juli di pasar tunai.

Pencatatan right issue di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan digelar pada 2 Juli. Periode perdagangan right issue ini digelar pada 2-8 Juli dan periode penyertaan saham hasil pelaksanaan right issue pada 6-10 Juli 2020.

Selamat! Bank Yudha Bhakti Telah kantongi Izin Efektif Right Issue dari OJK

Tidak ada pembeli siaga dalam right issue ini. Namun, PT Akulaku Silvrr Indonesia selaku pemegang saham utama BYB telah menyatakan kesanggupannya untuk mengeksekusi haknya untuk memiliki maksimum saham sebesar 24,99% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah hasil right issue.

Sedangkan PT Gozco Capital dan Asabri telah menyatakan untuk tidak melaksanakan haknya dalam right issue tersebut. Keduanya dapat mengalihkan haknya dalam HMETD dengan mekanisme pasar melalui BEI. Apabila setelah alokasi ada HMETD yang tidak terserap pasar maka seluruh sisa tersebut akan dikembalikan ke dalam portepel.

Penambahan modal lewat right issue ini dilakukan Bank Yudha Bhakti untuk mewujudkan rencana naik kelas menjadi Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II. Modal inti BYB per akhir 2019 telah mencapai Rp906,88 miliar. Sehingga tinggal sedikit lagi untuk bisa memenuhi persyarakat BUKU II dengan modal inti Rp 1 triliun- Rp 5 triliun.

Dengan terealisasinya right issue ini maka ruang bagi Bank Yudha Bhakti untuk menjalankan ekspansi bisnisnya semakin lebar, apalagi dengan transformasi perseroan menuju Bank Digital. Dana bersih yang diperoleh dari hasil right issue, digunakan seluruhnya untuk pengembangan usaha perseroan berupa penyaluran kredit dan kegiatan operasional perbankan lainnya.

Perlu dicatat meskipun kondisi keuangan tengah menghadapi Covid 19, Perseroan berhasil membukukan net profit sebesar Rp 13,19 miliar pada kuartal I 2020. Laba tersebut memang sedikit turun dari kuartal I 2019 sebesar Rp 14,18 miliar.

Selain itu, Bank Yudha Bhakti juga memiliki tingkat kecukupan modal yang sangat baik dengan mencatatkan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 29,96% pada kuartal I 2020. Meningkat signifikan dari kuartal I 2019 sebesar 17,83%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper