Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Transaksi Digital UMKM BRI Melesat Selama Pandemi

Adaptasi UMKM terhadap layanan digital berjalan dengan cepat sehingga mendorong transaksi internet banking dan layanan berbasis e-commerce selama pandemi.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 28 Juni 2020  |  14:46 WIB
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9). - JIBI/Dwi Prasetya
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menilai pandemi Covid-19 telah mendorong usaha kecil mikro dan menengah untuk mengadopsi layanan digital.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan adopsi layanan digital tersebut terlihat dari peningkatan transaksi internet banking dan layanan berbasis e-commerce yang naik 4 kali lipat selama pandemi Covid-19 dibandingkan sebelum Maret 2020.

Menurutnya, pertumbuhan transaksi digital mengalami peningkatan luar biasa. Padahal, sebelumnya, banyak pihak cukup meremehkan kemampuan UMKM yang dinilai akan sulit melakukan adaptasi. Namun, ternyata, selama dua hingga tiga bulan BRI melalukan sosialisasi, penyesuaian UMKM untuk melakukan adopsi digital meningkat.

Adopsi layanan digital UMKM ini pun dinilai penting mengingat hampir 78 persen portofolio nasabah BRI berada di sektor UMKM. Apalagi, UMKM memberikan dampak siginfikan bagi perekonomian Indonesia dan menyumbang 99 persen ketersediaan tenaga kerja.

"Pandemi ini jadi pelajaran luar biasa karena kemudian ini menjadi topper untuk me-review kembali apa yang sudah dilakukan ada di right track. Adoption to digital UMKM sangat cepat," katanya dalam Live Talks BRImo, Minggu (28/6/2020).

Handayani mengakui mendorong UMKM untuk mengadopsi layanan digital merupakan hal yang sulit karena edukasi harus dilakukan secara virtual. Namun, pihaknya akan terus mendorong penggunaan layanan digital bagi UMKM.

Teranyar, BRI saar ini menggalakkan website pasar aplikasi yang bisa mengadopsi produk pasar yang dijual secara digital.

"Kemarin kami melihat bahwa semua harus di rumah, logistik sulit, kemudian BRI membuat sebuah langkah untuk misa mensuplai hasil produksi dan mendukung permintaan dari daerah-daerah tertentu," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri umkm Digital Banking
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top