Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Deretan Kasus Investasi Yang Bikin Merugi

Berulang kali terjadi kasus investasi yang justru membuat rugi para nasabahnya. Biasanya, kasus investasi ini menawarkan bunga yang tinggi mengalahkan deposito! Kok bisa ya? Simak, ini deretan kasus investasi yang bikin merugi.
Silahkan simak deretan kasus investasi yang berujung rugi.
Silahkan simak deretan kasus investasi yang berujung rugi.

Bisnis.com, JAKARTA – Berulang kali terjadi kasus investasi yang menghebohkan karena membuat rugi para nasabahnya.

Alih-alih mendulang untung, para nasabah justru mengalami nasib buntung. Pasalnya, modal yang telah ditanamkan tidak bisa lagi dikembalikan akibat perusahaan mengalami kerugian.

Praktik investasi bodong yang kerap terjadi berulang kali itu padahal dapat dideteksi sejak dini. Caranya adalah dengan tidak percaya bunga atau imbal hasil yang terlalu tinggi.

Meski demikian masih saja ada yang percaya lho dengan bunga yang tinggi. Nih simak deretan kasus investasi yang berujung rugi. 

  1. Koperasi Pandawa

Rugi: Rp3,39 triliun.

Nasabah: 32.948.

Koperasi ini menggunakan skema ponzi dan iming-iming bunga sampai 30 persen! Nasabah koperasi ini berasal dari kalangan bawah hingga atas, lho. 

  1. First Travel

Rugi: Rp848,7 miliar.

Nasabah: 58.682.

Mereka dijanjikan bisa pergi ke tanah suci dengan bermodalkan Rp13 juta saja. Alih-alih pergi ke tanah suci, duit dari para nasabah dijadikan modal usaha untuk membuat restoran di Inggris. 

  1. Kanjeng Dimas Taat Pribadi

Rugi: Rp300 miliar.

Nasabah: 3.700.

Kalau yang ini ajaib karena mengaku bisa menggandakan uang 1.000 kali lipat. Supaya tidak terendus, pihak berwajib Kanjeng Dimas sampai membunuh 1 pengikutnya. 

  1. Kerugian Jiwasraya

Rugi: Rp13,7 triliun.

Nasabah: Pemerintah Indonesia.

Negara merugi akibat BUMN ini membeli saham yang keuangannya tidak bagus. Benny Tjokrosaputro, trader ulung dijadikan tersangka kasus ini. 

  1. MeMiles

Rugi: Rp750 miliar

Nasabah: 1.000

Para korban dijanjikan mobil Lamborghini ketika top-up Rp100 juta. Cucu dari Presiden kedua Soeharto, Ari Sigit bahkan ikut terseret ke delamnya karena diduga menerima Rp3 miliar. 

  1. Jouska

Rugi: (masih dihitung)

Nasabah: 3.000.

Klien Jouska rugi karena konsultan mereka membeli saham tanpa perhitungan matang! Teranyar, nama personil band Nidji, Randy Danista ikut menjadi korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper