Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Deretan Kasus Investasi Yang Bikin Merugi

Berulang kali terjadi kasus investasi yang justru membuat rugi para nasabahnya. Biasanya, kasus investasi ini menawarkan bunga yang tinggi mengalahkan deposito! Kok bisa ya? Simak, ini deretan kasus investasi yang bikin merugi.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  17:44 WIB
Loading the player ...
Silahkan simak deretan kasus investasi yang berujung rugi.

Bisnis.com, JAKARTA – Berulang kali terjadi kasus investasi yang menghebohkan karena membuat rugi para nasabahnya.

Alih-alih mendulang untung, para nasabah justru mengalami nasib buntung. Pasalnya, modal yang telah ditanamkan tidak bisa lagi dikembalikan akibat perusahaan mengalami kerugian.

Praktik investasi bodong yang kerap terjadi berulang kali itu padahal dapat dideteksi sejak dini. Caranya adalah dengan tidak percaya bunga atau imbal hasil yang terlalu tinggi.

Meski demikian masih saja ada yang percaya lho dengan bunga yang tinggi. Nih simak deretan kasus investasi yang berujung rugi. 

  1. Koperasi Pandawa

Rugi: Rp3,39 triliun.

Nasabah: 32.948.

Koperasi ini menggunakan skema ponzi dan iming-iming bunga sampai 30 persen! Nasabah koperasi ini berasal dari kalangan bawah hingga atas, lho. 

  1. First Travel

Rugi: Rp848,7 miliar.

Nasabah: 58.682.

Mereka dijanjikan bisa pergi ke tanah suci dengan bermodalkan Rp13 juta saja. Alih-alih pergi ke tanah suci, duit dari para nasabah dijadikan modal usaha untuk membuat restoran di Inggris. 

  1. Kanjeng Dimas Taat Pribadi

Rugi: Rp300 miliar.

Nasabah: 3.700.

Kalau yang ini ajaib karena mengaku bisa menggandakan uang 1.000 kali lipat. Supaya tidak terendus, pihak berwajib Kanjeng Dimas sampai membunuh 1 pengikutnya. 

  1. Kerugian Jiwasraya

Rugi: Rp13,7 triliun.

Nasabah: Pemerintah Indonesia.

Negara merugi akibat BUMN ini membeli saham yang keuangannya tidak bagus. Benny Tjokrosaputro, trader ulung dijadikan tersangka kasus ini. 

  1. MeMiles

Rugi: Rp750 miliar

Nasabah: 1.000

Para korban dijanjikan mobil Lamborghini ketika top-up Rp100 juta. Cucu dari Presiden kedua Soeharto, Ari Sigit bahkan ikut terseret ke delamnya karena diduga menerima Rp3 miliar. 

  1. Jouska

Rugi: (masih dihitung)

Nasabah: 3.000.

Klien Jouska rugi karena konsultan mereka membeli saham tanpa perhitungan matang! Teranyar, nama personil band Nidji, Randy Danista ikut menjadi korban.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi finansial Jiwasraya Jouska
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top