Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Implementasi Qanun Aceh, Mandiri Group Konversi 48 Persen Pembiayaan ke Syariah

Dari sisi konversi simpanan dana, baru 38 persen total Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Mandiri di Aceh yang terkonvensi menjadi syariah.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 25 Agustus 2020  |  17:09 WIB
Jajaran Direksi Bank Syariah Mandiri dalam Paparan Kinerja Semester I/2020 - dokumen perusahaan
Jajaran Direksi Bank Syariah Mandiri dalam Paparan Kinerja Semester I/2020 - dokumen perusahaan

Bisnis.com, JAKARTA -- Konversi rekening nasabah Bank Mandiri Group menjadi berprinsip syariah untuk mendukung implementasi Qanun Aceh masih berjalan kurang dari 50 persen.

Direktur Distribution & Sales Mandiri Syariah Anton Sukarna mengatakan pihaknya telah mengkonversi 48 persen pembiayaan yang disalurkan Bank Mandiri Group ke Bank Syariah Mandiri.

Sementara itu, dari sisi konversi simpanan dana, baru 38 persen total Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Mandiri di Aceh yang terkonvensi menjadi syariah.


Menurutnya, tidak semua rekening di Aceh akan terkonversi menjadi syariah. Pasalnya, Bank Syariah Mandiri harus memastikan pengelolaan akun karena tidak semua nasabah ingin dikonversi rekeningnya.

"Tidak semua akun di Aceh bisa kami kelola di syariah karena ada nasabah yang tetap pilih di Bank Mandiri [konvensional]," katanya, Selasa (25/8/2020).

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari mengatakan konversi Qanun Aceh akan berlangsung hingga 4 Januari 2022. Perseroan pun mengharapkan agar konversi tersebut bisa rampung sebelum batas waktu.

"Kalau nasabah di sana memang masih pilih bank konvensional dan masih ingin menggunakan sampai akhir periode, masih memungkinkan," sebutnya.


Sementara itu, mengenai rencana merger perbankan syariah, Mandiri Syariah mengaku siap menjadi bagian dari kebijakan ini. Apalagi, dengan rencana tersebut, akan menghasilkan bank syariah dengan aset lebih adari Rp207 trliun sehingga menjadi bagian dari 10 bank besar nasional.

"Ini lebih ke arah situ, kami sangat support penuh, kami sambut baik untuk persiapan merger perbankan syariah," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah qanun aceh bank syariah mandiri
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top