Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kredit Investasi Membaik, Kredit Modal Kerja Masih Terkontraksi

Secara total, kredit perbankan pada Juli 2020 tumbuh 1,53 persen yoy atau naik tipis dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 1,49 persen yoy.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  21:00 WIB
Ilustrasi Bank - Istimewa
Ilustrasi Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat berdasarkan jenis penggunaan, secara industri kredit modal kerja terkontraksi pada Juli 2020.

Pada periode tersebut, kredit modal kerja mencatatkan minus 0,86 persen secara tahunan (yoy). Sementara itu, kredit investasi tumbuh baik di atas pertumbuhan secara total, sebesar 5,92 persen yoy dan kredit konsumsi tumbuh 1,45 persen yoy.

Secara total, kredit perbankan pada Juli 2020 tumbuh 1,53 persen yoy atau naik tipis dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 1,49 persen yoy.

"Penurunan kredit modal kerja pada Juli 2020 terjadi karena pelunasan kredit pada debitur besar," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (27/8/2020).

Pergerakan kredit sektoral diperkirakan lagging terhadap kontraksi pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB).

Kredit perdagangan besar yang memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan juga terpantau turun, baik dari jenis untuk investasi maupun modal kerja.

"Penting bagi pemangku kepentingan dan OJK agar confidence masyrakat kembali normal sehingga jadi sumber pertumbuhan karena permintaan konsimsi domestik meningkat," sebutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan kredit OJK penyaluran kredit
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top