Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Tengah Pandemi, Bank Kalsel Naik Predikat Jadi Bank Sehat

Di tengah pandemi Covid-19, OJK menilai Risk Based Bank Rating (RBBR) Bank Kalsel per Juni 2020 berada pada Peringkat Komposit 2 (PK-2), yang mencerminkan kondisi bank secara umum sehat.
Gedung Bank Kalsel. /Bisnis.com
Gedung Bank Kalsel. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan meraih Peringkat Komposit 2 (PK-2) atau sehat dalam penilaian tingkat kesehatan bank periode semester I/2020 yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Padahal, sejak 2014 tingkat kesehatan Bank Kalsel berada pada Peringkat Komposit 3 (PK-3).

Di tengah pandemi Covid-19, OJK menilai Risk Based Bank Rating (RBBR) Bank Kalsel per Juni 2020 berada pada Peringkat Komposit 2 (PK-2). Hal ini mencerminkan kondisi bank secara umum sehat sehingga dinilai mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya.

Menurut Agus Syabarrudin, Direktur Utama Bank Kalsel, salah satu kunci keberhasilan Bank Kalsel meningkatkan peringkat Komposit adalah dengan menjaga nilai rasio NPL di bawah 5%. Saat ini nilai rasio NPL Bank Kalsel sebesar 4,42% gross dan 1,35% net.

"Hal ini menunjukan bahwa Bank Kalsel menjalankan proses perkreditan secara prudent dan comply, sehingga mampu menekan kredit dan pembiayaan bermasalah sesuai yang diharapkan," katanya seperti dikutip dalam rilis, Senin (31/8/2020).

Selain itu keberhasilan juga dipengaruhi oleh perbaikan pengelolaan risiko operasional yang dilakukan oleh manajemen Bank Kalsel, di antaranya adalah meningkatkan kontrol dan kompetensi human capital bank, meminimalisir gangguan yang terjadi pada aktivitas layanan bank dan mengganti core banking system dalam rangka mendukung new normal yang mulai diterapkan oleh pemerintah.

“Peringkat Komposit 2 tersebut diperoleh karena keseluruhan penilaian faktor-faktor tingkat kesehatan bank yang terdiri dari Profil Risiko, Good Corporate Governance (GCG), Rentabilitas dan Permodalan berada di Peringkat Komposit 2," katanya.

Menurutnya, saat ini posisi loan to deposit ratio (LDR) Bank Kalsel berada di angka 88,33%. Terkait GCG bank telah melaksanakan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sementara itu, rasio return on asset (ROA) mencapai 1,93% dan capital adequacy ratio (CAR) di angka 20,34%.

"Alhamdulillah meski ditengah pandemi namun Bank Kalsel bisa meningkatkan performa dan mendapatkan apresiasi dari OJK. Semoga peningkatan Peringkat Komposit Bank Kalsel ini bisa mendorong lebih banyak pihak untuk mempercayakan pengelolaan dana dan transaksinya kepada kami,” sebutnya.

Penilaian tingkat kesehatan bank oleh OJK merupakan penilaian yang dilakukan atas berbagai aspek yang berpengaruh terhadap kondisi atau kinerja suatu bank, baik dari penilaian kuantitatif dan atau kualitatif terhadap faktor-faktor permodalan, kualitas aset, manajemen, rentabilitas, likuiditas dan sensitivitas terhadap risiko pasar.

Penilaian juga mempertimbangkan unsur judgement yang didasarkan atas materialitas dan signifikansi dari faktor-faktor penilaian serta pengaruh dari faktor lainnya seperti kondisi industri perbankan dan perekonomian nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper