Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Finansial, Belum Sepekan Jabat Bos LPS, Purbaya Cetak Rekor Sejarah dan Kredit Seret, Bank Mengerem ULN

Berita belum sepekan jabat bos LPS, Purbaya cetak rekor sejarah jadi berita terpopuler kanal Finansial hari ini, Rabu (30/9/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 30 September 2020  |  16:08 WIB
Purbaya Yudhi Sadewa -  Istimewa
Purbaya Yudhi Sadewa - Istimewa

1. Belum Sepekan Jabat Bos LPS, Purbaya Cetak Rekor Sejarah

Kendati belum sepekan menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mencetak rekor sejarah.

Rekor sejarah yang dibuat Purbaya adalah memutuskan untuk menurunkan tingkat suku bunga penjaminan sebesar 25 bps untuk masing-masing simpanan dalam denominasi rupiah dan valuta asing di bank umum, serta simpanan rupiah di bank perkreditan rakyat (BPR).

Baca berita selengkapnya di sini.

2. BCA Kini Resmi Menggenggam Bank Interim

PT Bank Interim Indonesia yang dahulu bernama PT Bank Rabobank International Indonesia resmi dimiliki oleh PT Bank Central Asia Tbk.

Dalam pengumuman yang dipublikasikan di Harian Bisnis Indonesia, Rabu (30/9/2020), pemegang saham perseroan saat ini yakni Bank BCA dengan kepemilikan 3,71 juta lembar saham atau 99,999973% modal ditempatkan dan disetor perseroan. Sisanya, sebesar 1 lembar saham atau 0,000027% ditempatkan oleh PT BCA Finance.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Bahaya di Balik Menjamurnya Jasa Gadai Tanpa Izin

Tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19 ternyata membuka celah berkembangnya praktik pergadaian ilegal. Satuan Tugas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan mencatat pada September 2020 saja, tak kurang dari 50 lembaga gadai teridentifikasi berdiri tanpa izin.

Jumlah tersebut jauh di atas temuan sepanjang Januari-September 2019, yang sebanyak 30 perusahaan. Secara keseluruhan, jika dikalkulasi sejak awal 2019, jumlah lembaga gadai ilegal yang sudah berhasil diidentifikasi Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi mencapai 143 perusahaan.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Kantongi Izin dari BI, CIMB Niaga Siap Fasilitasi Pembayaran WeChat Pay

PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) siap memfasilitasi transaksi pembayaran menggunakan dompet digital WeChat Pay pada merchant-merchant mitra di Indonesia.

Hal ini menyusul telah terbitnya izin dari Bank Indonesia (BI) kepada CIMB Niaga sebagai bank BUKU IV pertama yang dapat menerima transaksi pembayaran digital dari WeChat Pay.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Kredit Seret, Bank Mengerem Utang Luar Negeri

Perbankan nampaknya mengerem utang luar negeri seiring dengan menurunnya permintaan kredit sebagai dampak pandemi Covid-19.

Data Bank Indonesia mencatat utang luar negeri (ULN) untuk kelompok peminjam bank per Juli 2020 sebesar US$34,81 miliar, atau turun 2,08 persen secara yoy. Penurunan ini lebih rendah dibandingkan dengan posisi Juni 2020 yang turun 3,57 persen.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top