Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

OJK Catat Pembukaan Rekening Pelajar Capai 25,62 Juta

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan upaya OJK meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sejak dini dilakukan secara intensif dan membuahkan hasil yang cukup memuaskan.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  09:27 WIB
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Karyawan menjawab telepon di Call Center Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Senin (30/12/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan mencatat hampir separuh dari seluruh pelajar Indonesia telah mempunya rekening tabungan. Hingga kuartal II/2020, jumlah pembukaan rekening pelajar mencapai 25,62 juta.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan upaya OJK meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sejak dini dilakukan secara intensif dan membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) telah mencapai 25,62 juta rekening pelajar hingga kuartal II/2020, atau 46,07% pelajar dari seluruh Indonesia.

"Total nilai dari tabungan pelajar ini mencapai Rp21,3 triliun," terangnya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (22/10/2020).

Program KEJAR diluncurkan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, serta berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Program ini diikuti oleh seluruh bank yang telah memiliki produk tabungan SimPel dan tabungan anak atau pelajar.

Pelajar dapat menabung melalui petugas bank yang datang ke setiap sekolah, datang langsung ke bank terkait, atau melalui agen laku pandai. Jumlah setoran tabungan SimPel minimal Rp5.000 untuk bank konvensional dan Rp1.000 untuk bank syariah.

Program Satu Rekening Satu Pelajar merupakan salah satu bentuk Aksi Pelajar Indonesia Menabung sebagai implementasi Keppres nomor 26 tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam webinar Bulan Inklusi Keuangan pada pekan lalu menyampaikan, Otoritas Jasa keuangan terus mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia. Selama bulan inklusi keuangan yang digelar setiap Oktober, OJK menargetkan pembukaan rekening baru sebesar 500.000 rekening pelajar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan OJK tabungan
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top