Tingkatkan Soliditas Pelaku Pasar Keuangan, BRI Gelar Virtual Gathering Bersama Perbankan dan BPD

Bank BRI menggelar kegiatan konsolidasi bersama 36 bank di seluruh Indonesia, termasuk BPD dan bank anggota Buku I serta Buku II.
Foto: Dok. Bank BRI
Foto: Dok. Bank BRI

Bisnis.con, JAKARTA– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar kegiatan konsolidasi bersama 36 bank di seluruh Indonesia, termasuk BPD dan bank anggota Buku I serta Buku II, dalam acara virtual gathering bertajuk “Sustainable Balance Sheet Through Market Deepening & Financial Inclusion With Strong Collaboration In Pandemic Era”, pada Kamis (12/11).

Acara ini digelar BRI sebagai pembuktian perusahaan yang termasuk salah satu market maker pada pasar keuangan Indonesia.

Kegiatan pertemuan daring ini diikuti 200 peserta dan menghadirkan praktisi kebijakan dari  Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai pembicara. Acara ini digelar dalam format half day seminar dan Bond School.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan, virtual gathering ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya perusahaan memperkuat soliditas dan kerjasama para pelaku pasar keuangan di Indonesia. Kesatuan gerak yang solid dibutuhkan agar para pelaku pasar keuangan bisa semakin berkontribusi dalam upaya membangkitkan perekonomian nasional.

“Di tengah kondisi ekonomi yang sangat menantang di tengah pandemi, kami berharap sinergi dan kolaborasi antara BRI, Regulator, BPD, Bank Buku I dan II dapat terus ditingkatkan sehingga mempersolid pasar keuangan di Indonesia, khususnya untuk pelaku pasar domestik yang didominasi oleh perbankan” ungkap Catur Budi Harto.

Pada acara ini, ada materi seputar perkembangan market ekonomi domestik dan global yang disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Adi Budiarso.

Selain itu, peserta turut mendapat insight perihal kebijakan dan strategi operasi moneter, serta strategi pengawasan perbankan dan aktivitas investasi dari Kepala Departemen Operasi Moneter Bank Indonesia Nanang Hendarsah.

Perkembangan terkait transaksi surat berharga dan penerbitan surat berharga juga disampaikan oleh Executive Vice President Treasury Business Division Akhmad Fazri, Direktur Utama PT Danareksa Investment Management Marsangap Tamba, dan Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica W. Dewi.

“Tujuan diadakannya acara ini salah satunya untuk berbagi informasi oleh regulator serta pemangku kebijakan untuk memberikan arah kebijakan sehingga para pelaku pasar dapat mengambil langkah yang tepat,” jelas Catur.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, BRI sebagai BUMN telah berperan aktif menjadi mitra pemerintah untuk eksekusi berbagai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

BRI telah terlibat dalam program pemberian restrukturisasi kredit bagi debitur terdampak Covid-19, penyaluran dana PEN tahap I dan II, serta pemberian dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) terhadap jutaan pelaku UMKM.

Selain itu, BRI juga turut berperan dalam pendalaman pasar keuangan untuk menjaga kondisi perekonomian nasional. Kontribusi BRI dalam aktivitas pasar keuangan terbukti dari dinobatkannya perseroan sebagai dealer utama yang paling aktif dalam perdagangan Surat Berharga Negara (SBN), dan Bank Pendukung Pendalaman Pasar Terbaik Kategori Transaksi Repo pada 2019 dengan berkolaborasi bersama Perbankan dan Industri Keuangan Non Bank.

BRI akan selalu memainkan peran untuk menjaga kondisi ekonomi serta aktivitas keuangan berkesinambungan ke depannya.

Kolaborasi akan terus dijalankan dan dikembangkan BRI, agar pasar keuangan Indonesia bisa tumbuh berkelanjutan dan lebih banyak membawa manfaat.

BRI siap menjadi partner utama dalam menjalankan aktivitas keuangan yang berkesinambungan. Selain transaksi treasury, kami juga siap untuk berkolaborasi pada bidang Global and Investment Services seperti kustodian, wali amanat, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Bagi BPD yang telah menjadi Bank Devisa dapat berkolaborasi dengan BRI dalam pengelolaan transaksi valas dan bisnis internasional lainnya,” kata Senior Executive Vice President Treasury and Global Services BRI Listiarini Dewajanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper