Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BLT UMKM Rp2,4 Juta Bisa Disalurkan Lewat Rekening Syariah, Lho!

Corporate Secretary BNI Syariah Bambang Sutrisno menyampaikan banyak penerima Banpres BPUM yang meminta penyaluran melalui layanan perbankan syariah.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 19 November 2020  |  09:23 WIB
Karyawan menghitung uang rupiah di Kantor Bank BNI Syariah di Jakarta, Senin (24/2 - 2020)
Karyawan menghitung uang rupiah di Kantor Bank BNI Syariah di Jakarta, Senin (24/2 - 2020)

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat dapat menerima bantuan presiden (Banpres) produktif untuk usaha mikro (BPUM) senilai Rp2,4 juta. Penyaluran dana hibah tersebut melalui tiga bank penyalur yakni Bank BRI, Bank BNI, dan Bank BNI Syariah.

Corporate Secretary BNI Syariah Bambang Sutrisno menyampaikan banyak penerima Banpres BPUM yang meminta penyaluran melalui layanan perbankan syariah. Dari situ, BNI Syariah ditunjuk sebagai bank penyalur.

Hingga 10 November 2020, BNI Syariah telah menyalurkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada 1.879 penerima pelaku usaha mikro senilai Rp4,5 miliar. Realisasi penyaluran itu setara dengan 21,83 persen dari target.

BNI Syariah menargetkan bisa menyalurkan Banpres Produktif kepada 8.607 penerima pelaku usaha mikro dengan total bantuan Rp20,66 miliar. Untuk penyaluran disentralisir di Cabang Fatmawati Jakarta Selatan.

"Yang kerja sama BNI, tetapi banyak penerima bantuan minta skim syariah, sehingga BNI Syariah juga dilibatkan," katanya, Kamis (19/11/2020).

BNI Syariah memang belum memiliki sistem online untuk melakukan cek penerima bantuan. Namun, penerima bantuan dapat melakukan cek informasi pengajuan kepada lembaga pengusul.

Bambang menjelaskan Banpres produktif akan diberikan secara langsung senilai Rp2,4 juta kepada pelaku usaha mikro. Bagi penerima bantuan yang belum memiliki rekening di BNI Syariah sebagai bank penyalur, maka akan dibuatkan pada saaat pencairan oleh bank penyalur.

"Banpres ini diharapkan bisa membantu pelaku usaha mikro yang unbankable menjadi bankable. BNI Syariah berupaya agar pelaku usaha mikro tersebut ke depannya bisa dengan mudah mendapatkan tambahan modal kerja atau mendapatkan bantuan lainnya dari pemerintah," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm bansos bni syariah blt umkm Rp2,4 juta
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top