Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FIF Group Berharap Permintaan Pembiayaan Terdongkrak pada Akhir Tahun

Hal ini menilik akhir tahun biasanya menjadi periode langganan meningkatnya permintaan kredit di semua lini bisnis perusahaan pembiayaan.
Pekerja beraktifitas di dekat logo FIF Group, Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja beraktifitas di dekat logo FIF Group, Jakarta, Sabtu (29/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Federal International Finance Group (FIF GROUP) optimistis periode akhir 2020 mampu mendongkrak kinerja permintaan pembiayaan, seperti tren pada tahun-tahun sebelumnya.

Direktur Utama FIF GROUP Margono Tanuwijaya mengungkap hal ini menilik akhir tahun memang biasa menjadi periode langganan meningkatnya permintaan kredit di semua lini bisnisnya.

"Biasanya penjualan semua produk kami memang meningkat pada akhir tahun karena banyak masyarakat yang baru berani mengambil kredit saat mendapat bonus, atau tabungannya baru terkumpul, misalnya. Namun, tahun ini sepertinya agak beda karena pandemi. Kami hanya berharap saja bisa lebih baik dari November 2020," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (2/12/2020).

Margono menjelaskan bahwa harapan ini utamanya ditujukan untuk lini bisnis utamanya, yaitu pembiayaan sepeda motor FIFASTRA.

"Kredit motor sudah ada peningkatan, terutama yang baru. Harapannya ini bisa menopang pembiayaan tahun 2020 ini di [target] Rp30 triliun, yang proyeksinya 67 persen dari FIFASTRA," tambahnya.

Sebelumnya, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pandemi Covid-19 telah membuat piutang pembiayaan roda dua baru industri multifinance yang sebelumnya selalu stabil di kisaran Rp84 triliun, anjlok ke angka Rp80,5 triliun (April 2020).

Terkini, pembiayaan motor baru bahkan mencapai titik terendah di angka Rp71,9 triliun (Agustus 2020), dan berlanjut ke Rp69,83 triliun (September 2020).

Inilah kenapa, menurut Margono, perusahaan pembiayaan memang harus pintar-pintar dalam mencari peluang dari berbagai lini bisnisnya, apabila sektor otomotif selaku penopang utamanya belum bisa pulih dalam waktu dekat.

FIFGROUP akan ikut mengoptimalkan produk SPEKTRA atau pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, DANASTRA untuk pembiayaan multiguna, juga AMITRA yang melayani pembiayaan syariah, diproyeksi ikut meningkat sesuai dengan kondisi daya beli masyarakat.

"Total penyaluran pembiayaan di awal-awal pandemi itu turunnya dari kondisi normal bisa mencapai 45-50 persen, sekarang sudah menipis ke 30 persen, tapi belum pulih, lah. Makanya kami berharap kondisi semakin baik lagi di penghujung tahun ini," tutupnya.

Sekadar informasi, sepanjang tahun 2019 FIF GROUP berhasil menyalurkan pembiayaan hingga Rp40 triliun atau naik sekitar 9 persen dari posisi 2018 senilai Rp36 triliun.

FIFGROUP kini masih berupaya agar pencapaian peyaluran kredit pada 2020 yang terganjal pandemi, hanya menurun di kisaran 20 persen saja dari pencapaian tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper