Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pahala Wamen BUMN, Nixon Kandidat Bos BTN?

Pahala pada hari ini, Rabu (23/12/2020) dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN oleh Presiden Joko Widodo.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  14:04 WIB
Direktur Finance, Treasury and Strategy BTN Nixon L. Napitupulu - btn.co.id
Direktur Finance, Treasury and Strategy BTN Nixon L. Napitupulu - btn.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Nixon L.P. Napitupulu muncul sebagai salah satu calon pengisi jabatan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., yang ditinggal oleh Pahala Nugraha Mansury.

Pahala pada hari ini, Rabu (23/12/2020) dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN oleh Presiden Joko Widodo. Posisi Wamen BUMN sebelumnya dipegang oleh Budi Gunadi Sadikin, yang kemudian didapuk menjadi Menteri Kesehatan.

Setelah Pahala menjadi Wamen BUMN, maka muncul pertanyaan siapa yang akan mengisi posisi Dirut BTN.

Sumber Bisnis di lingkungan BUMN pada Rabu (23/12/2020) membisikkan bahwa Nixon merupakan calon kuat nakhoda bank spesialis kredit perumahan tersebut.

Saat ini, Nixon merupakan Direktur Finance, Treasury & Strategy BTN, yang diangkat pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada 17 Maret 2017 dan dinyatakan efektif oleh OJK pada 25 Juli 2017.

Nixon merupakan sarjana ekonomi, lulusan dari Universitas Sumatra Medan. Sebelum menjabat sebagai Direktur BTN, dia sempat memimpin PT Bank Mantap pada Mei 2015 hingga Maret 2017.

Nixon merupakan bankir yang lama berkarier di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Berbagai posisi pernah dipegang oleh Nixon di BMRI sejak 1999 hingga 2015.

BTN sendiri merupakan bank milik pemerintah yang fokus menyalurkan kredit perumahan. Saat ini, emiten dengan kode saham BBTN ini sudah hampir mendominasi pasar KPR nasional hingga 40 persen.

Pada Oktober 2020, bank yang sebelumnya bernama Postpaarbank ini membukukan laba bersih senilai Rp1,29 triliun. Laba bersih perseroan ditopang oleh penurunan beban bunga dan efisiensi.

Beban bunga BTN tercatat turun 3,49 persen yoy menjadi Rp11,95 triliun per kuartal III/2020. Perolehan DPK naik 18,66 persen yoy dari Rp230,35 triliun per kuartal III/2019 menjadi Rp273,33 di periode yang sama tahun ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

btn direktur utama pahala mansury bank bumn emiten bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top