Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Gemes, Dana Pemda Ratusan Triliun Masih Nganggur

Hingga November 2020 dana pemerintah daerah yang menganggur di perbankan mencapai Rp218,8 triliun. 
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 09 Januari 2021  |  19:03 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan s3cara virtual saat acara Bisnis Indonesia Award di Jakarta, Senin (14/12/2020). Bisnis - Abdurachman
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan sambutan s3cara virtual saat acara Bisnis Indonesia Award di Jakarta, Senin (14/12/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan menyayangkan tingkat belanja pemerintah daerah yang masih rendah sehingga dana mengendap di perbankan ratusan triliun. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penerimaan asli daerah turun selama tahun lalu. Namun, pemerintah daerah masih memiliki transfer ke daerah serta dana desa yang cukup besar. Hal itu seharusnya masih mampu menjaga tingkat belanja pemerintah daerah.

Menurut Sri Mulyani, total pendapatan pemerintah daerah dalam anggaran pendapatan dan belanja masih cukup baik, yakni hanya turun 5 persen. Hal itu terutama didukung oleh percepatan transfer ke daerah dan dana desa. Hingga November 2020 dana pemerintah daerah yang menganggur di perbankan mencapai Rp218,8 triliun. 

“Ini angka yang sangat besar. Ini menunjukkan pemerintah daerah masih belum bisa belanja terutama untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi," katanya dalam konferensi pers Kemenkeu, Rabu (5/1/2020).

Dia memaparkan, pemerintah daerah memiliki alokasi belanja kesehatan mencapai Rp23 triliun, tetapi hanya mampu membelanjakan 59 persen dari alokasi atau Rp13,6 triliun.

Belanja untuk jaring pengaman sosial pun mencapai Rp22,1 triliun, sedangkan yang tereksekusi hanya Rp14,7 triliun.

Bantuan untuk UMKM dan dukungan ekonomi dianggarkan pemerintah daerah senilai Rp6,74 triliun, dan hanya terealisasi Rp2,9 triliun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan apbd sri mulyani
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top